Sukses

Kenali Ragam Tanda dan Reaksi Fisik yang Muncul Saat Stres

Respons fisik atau psikologis yang muncul saat stres sangatlah beragam.

Liputan6.com, Jakarta Stres merupakan respons tubuh yang dapat muncul dari berbagai macam hal. Tanda dan reaksi stres sangat beragam bahkan seringkali tak disadari. Perubahan kebiasaan sehari-hari selama pandemi COVID-19 bisa jadi pemicu. 

"Stres itu sendiri berasal dari berbagai macam. Bisa dari lingkungan rumah, tempat kerja, dari sekolah (untuk anak-anak)," ujar dr. A. M. Y. Eva Suryani, SpKJ dalam seminar daring oleh Fakultas Kedokteran S3 Universitas Indonesia (UI) dengan tema Manajemen Stres dan Manfaatnya untuk Kesehatan Jantung pada Jumat, 1 Oktober 2021.

Eva menjelaskan, respons fisik atau psikologis yang muncul saat stres bisa disebabkan oleh faktor internal maupun eksternal. Serta merasa bermasalah atau terancam oleh kehidupan, baik lewat masalah kecil maupun besar.

"Misalkan kalau ibu-ibu di rumah, pada saat sehari-hari biasa bekerja dibantu oleh asisten rumah tangga (ART). Lalu pada saat situasi pandemi ini tiba-tiba membatasi enggak usah ada ART, semua dikerjakan sendiri. Itu kadang-kadang bisa juga menimbulkan stres," kata Eva.

Tak hanya itu, stres juga bisa berasal dari tempat kerja. Dipicu oleh beban pekerjaan yang banyak dan besar. Sedangkan, stres yang muncul pada anak-anak bisa disebabkan salah satunya saat harus menghadapi ujian.

Reaksi yang muncul pun ternyata sangat beragam dan tidak selalu negatif, lho. Hal ini akan tergantung pada bagaimana seseorang bisa mengelola stres tersebut. Sehingga output yang muncul bukanlah mengarah ke sesuatu yang buruk.

"Jadi stres itu tidak selalu negatif. Ada stres yang disebut eustress yaitu stres yang positif. Nah reaksi positif dari stres ini bisa memotivasi seseorang untuk berusaha lebih keras dan lebih baik lagi," ujar Eva.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bagaimana dengan reaksi negatifnya?

Dalam kesempatan yang sama, Eva menjelaskan tentang reaksi negatif yang berpotensi muncul saat seseorang mengalami stres. Ia mengungkapkan bahwa reaksi negatif tersebut dapat menimbulkan gangguan dalam kehidupan sehari-hari.

"Jadi orang kalau stres itu mengalami tanda-tanda fisik. Misalkan seseorang mengeluh kok sekarang sering sakit kepala ya, kenapa pegal-pegal nih badan saya, sakit-sakit pundak. Lambung sering banyak gas yang keluar jadi nyeri-nyeri perut," ujar Eva.

Tak hanya itu, stres juga menciptakan reaksi fisik lainnya. Berikut diantaranya.

1. Sakit kepala

2. Sakit pada leher dan pundak

3. Sakit pada punggung

4. Sakit perut

5. Tidak merasa lapar

6. Ada rasa mengganjal di tenggorokan

7. Dada seperti tertekan

8. Otot tegang

"Kalau mengalami tanda-tanda fisik seperti ini, perlu dicek apakah mengalami stres atau tidak," kata Eva. 

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.