Sukses

Cara Aman Buang Obat yang Sudah Kedaluwarsa Menurut BPOM

Berikut cara aman dan benar ketika membuang obat yang sudah kedaluwarsa.

Liputan6.com, Jakarta - Hingga saat ini masih banyak masyarakat yang tidak tahu cara membuang obat yang sudah rusak dan kedaluwarsa dengan benar.

Pada dasarnya, setiap obat harus segera dibuang bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. 

Namun, obat yang dibuang secara sembarangan dapat mencemari lingkungan sekitar. Obat yang tidak dibuang pada tempatnya juga rentan disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Berikut panduan membuang obat yang benar menurut Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), seperti dikutip dari Materi Edukasi tentang Peduli Obat dan Pangan Aman (2015)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Buang Obat dengan Benar

  • Hilangkan semua label dari wadah obat.
  • Untuk kapsul, tablet atau bentuk padat lain, hancurkan dahulu dan campur obat tersebut dengan tanah, atau bahan kotor lainnya. Masukkan plastik dan buang ke tempat sampah.
  • Untuk cairan selain antibiotik, buang isinya pada kloset. Dan untuk cairan antibiotik buang isi bersama wadah dengan menghilangkan label ke tempat sampah.
  • Intinya: obat harus dimusnahkan dan tidak tersisa.

Sementara itu, mengutip laman resmi FDA atau BPOM Amerika Serikat, antibiotik termasuk dalam jenis obat-obatan yang berbahaya jika dibuang langsung ke toilet. Hal ini karena bakteri pembusuk dalam saluran pembuangan tidak berfungsi jika terkena obat tersebut sehingga menyebabkan penumpukan tinja membuat saluran tersumbat. Demikian pula dengan opiat (fentanyl, morfin, diazepam, oxycodone, buprenoprhine), obat-obatan kemoterapi, hingga obat antijamur dan antivirus.

3 dari 3 halaman

Cara Menyimpan Obat

Menyimpan obat pun sebaiknya tidak sembarang. Sebaiknya hindari menyimpan obat-obatan di tempat lembap seperti di rak di kamar mandi. Kondisi lembap di kamar mandi bisa membuat kualitas obat, terutama jenis pil dan kapsul, menurun atau kedaluwarsa sebelum waktunya.

Berikut cara menyimpan obat yang baik menurut panduan BPOM, seperti dikutip dari Materi Edukasi tentang Peduli Obat dan Pangan Aman.

  • Baca aturan penyimpanan obat pada kemasan.
  • Jauhkan dari jangkauan anak.
  • Jauhkan dari sinar matahari langsung/lembap/suhu tinggi dan sebagainya.
  • Simpan dalam kemasan asli dan dengan etiket yang masih lengkap.
  • Periksa tanggal Kedaluwarsa dan kondisi obat.
  • Kunci lemari penyimpanan obat.

 

Reporter: Lianna Leticia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.