Sukses

Jadi Syarat Perjalanan dan Masuk Mal, Begini Cara Penggunaan Aplikasi PeduliLindungi

Cara mengunakan aplikasi PeduliLindungi dari pengunduhan hingga penggunaan sehari-hari.

Liputan6.com, Jakarta - Sejatinya aplikasi PeduliLindungi diluncurkan pemerintah sebagai salah satu cara melacak dan menghentikan penyebaran virus COVID-19.

Syarat memiliki tanda bukti vaksinasi di aplikasi satu ini bisa mempermudah aktivitas Anda di luar rumah seperti berkunjung ke mall, masuk ke gedung perkantoran, hingga makan di restoran atau cafe.

Namun aplikasi ini juga memiliki banyak fitur penting seperti informasi vaksin dan pantauan jumlah kasus positif di sekitar tempat tinggal Anda.

Lalu, bagaimana cara menggunakan aplikasi PeduliLindungi sata berpergian? Ada baiknya Anda mengunduhnya terlebih dahulu jika masih belum memiliki aplikasi ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Mendaftar Aplikasi PeduliLindungi

Sebelum mendaftarkan nama Anda, pastikan kembali aplikasi sudah terunduh di masing-masing gawai Anda.

  • Unduh dan install aplikasi PeduliLindungi lewat Play Store atau App store
  • Buka aplikasi dan berikan izin akses lokasi, penyimpanan, dan kamera Buat akun dengan mengisi nama lengkap, nomor ponsel, email dan nomor KTP (NIK).
  • Kode OTP untuk verifikasi nantinya akan dikirimkan melalui SMS ke nomor handphone yang Anda daftarkan sebelumnya.
  • Tekan kolom ‘Saya Menerima Isi Syarat Penggunaan dan Kebijakan Privasi’.
  • Tekan ‘Daftar’.
  • Apabila sudah memiliki akun, Anda hanya perlu login dengan nomor ponsel yang telah didaftarkan dan masukkan kode OTP untuk verifikasi. Kode OTP dikirim lewat SMS ke nomor ponsel yang didaftarkan.
3 dari 5 halaman

Cara Menggunakan Aplikasi PeduliLindungi untuk Syarat Perjalanan

Jika berhasil masuk, Anda akan melihat tampilan awal dari aplikasi.Terdapat beberapa tombol menu, seperti Pendaftaran Vaksin, Scan QR Code, Teledokter, Info Penting, Diary Perjalanan, dan Paspor Digital.

Untuk menggunakan aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat perjalanan, klik tombol Paspor Digital. Nanti akan muncul dua sub-menu, yaitu Sertifikat Vaksin dan Hasil Test Covid-19.

Klik sub-menu Sertifikat Vaksin untuk menunjukkan sertifikat bukti vaksinasi Covid-19, atau klik sub-menu Hasil Test Covid-19 untuk menunjukkan bukti hasil tes Covid-19 yang telah dilakukan.

4 dari 5 halaman

Cara Kerja Aplikasi PeduliLindungi

Pada saat berpergian ke mall, tempat makan, atau tempat wisata lainnya, Anda pasti akan diminta untuk check-in atau scan barcode sebelum dapat masuk. Cara cukup sederhana, Anda hanya perlu:

  • Buka aplikasi dan melakukan login
  • Klik menu Scan QR Code, kemudian scan QR Code yang ada di lokasi pintu masuk dan tunjukkan hasil QR Code Anda ke petugas.

Hasil pemindaian akan menunjukkan apakah Anda diizinkan masuk ke suatu tempat atau tidak. Warna hijau berarti Anda diperbolehkan masuk, jika muncul warna kuning, petugas akan melakukan verifikasi ulang. Apabila merah, Anda dipastikan tidak akan diizinkan masuk oleh petugas.

 

Reporter: Lianna Leticia

5 dari 5 halaman

Infografis 11 Aplikasi Terintegrasi PeduliLindungi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.