Sukses

Upaya Kejar Capaian Vaksinasi 70 Persen di 5 Lokasi PON XX Papua

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Kesehatan mengejar target capaian vaksinasi COVID-19 sebesar 70 persen di lokasi penyelenggara Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) Tahun 2021. Capaian vaksinasi ada yang sudah di atas 60 persen sementara itu lokasi lain masih terus ditingkatkan.

"Saat kini, Kemenkes bersama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Polri, dan TNI sedang melakukan percepatan pelaksanaan jangkauan vaksin dengan target di atas 70 persen pada akhir bulan September 2021," ungkap Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy saat Rapat Tingkat Menteri Penyelenggaraan PON XX Tahun 2021, Senin (27/9/2021).

"Target ini terutama di klaster atau di lokasi-lokasi, yang mana event (acara) PON dan Peparnas akan diselenggarakan."

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membeberkan, sesuai aturan Mendagri diharapkan (minimal) 60 persen sudah melakukan vaksinasi tahap pertama agar daerah bisa melakukan kegiatan pertandingan olahraga.

"Sebagai laporan, ke-5 kota penyelenggara PON XX (Merauke, Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika, Kabupaten Keerom) ini jumlah total target vaksinasi ada 648.622, yang sudah vaksinasi dosis pertama sebesar 406.531 atau 62,7 persen," jelasnya.

"Untuk vaksinasi dosis keduanya sudah dilakukan 253.474 orang atau 39 persen."

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

2 dari 3 halaman

Capaian Vaksinasi di 5 Lokasi PON XX Papua

Dari ke-5 lokasi yang menyelenggarakan PON XX Papua 2021, Budi Gunadi Sadikin menyebut, capaian vaksinasi COVID-19 pada masing-masing daerah tersebut.

"Merauke, Kota Jayapura, dan Mimika sudah di atas 60 persen, sedangkan Kabupaten Jayapura 57 persen, Kabupaten Keerom 54 persen," terangnya.

"Kami sedang mengejar agar Kabupaten Jayapura dan Keerom bisa segera meningkat (capaian vaksinasi) mencapai 60 persen bersama dengan TNI Polri."

Kemenkes pun memastikan kebutuhan vaksin COVID-19 untuk vaksinasi dosis pertama dan kedua di 5 lokasi penyelenggaraan PON XX Papua sudah tersedia.

"Kami sampaikan bahwa seluruh vaksin dosis pertama dosis dan kedua sudah sampai di Papua, tinggal menunggu vaksinasi dilakukan," lanjut Menkes Budi.

3 dari 3 halaman

Infografis Lawan Covid-19, Ayo Selalu Pakai Masker dan Vaksinasi