Sukses

Sederet Makanan Kaya Omega-3, Baik untuk Kesehatan Otak Hingga Jantung

Asupan makanan yang mengandung asam lemak omega-3 diyakini dapat membantu memelihara kesehatan otak hingga jantung

Liputan6.com, Jakarta Untuk dapat memelihara kesehatan otak hingga jantung, kita dianjurkan untuk menerapkan gaya hidup sehat dan mengonsumsi makanan kaya nutrisi, termasuk makanan yang mengandung asam lemak omega-3.

Asam lemak omega 3 merupakan jenis asam lemak yang memiliki manfaat besar dan dibutuhkan oleh tubuh untuk metabolisme. Karena tidak bisa diproduksi oleh tubuh, sehingga kita perlu mendapatkan asupan tersebut dari makanan.

Ada tiga jenis omega-3, yaitu ALA (alpha-linolenic acid), DHA (docosahexaenoic acid), dan EPA (eicosapentaenoic acid). ALA merupakan asam lemak penting untuk dikonsumsi setiap hari. ALA diubah ke bentuk EPA dan DHA oleh tubuh. Oleh sebab itu, penting untuk memasukkan makanan yang mengandung omega-3 dalam menu makanan harian Anda.

Berikut beberapa makanan sehat yang mengandung omega-3 seperti dikutip dari KlikDokter. Meski demikian, kamu perlu mengonsumsinya sesuai takaran dan tidak berlebihan.

1. Makanan Laut

Omega-3 banyak terdapat pada makanan laut. Diantaranya ikan salmon, ikan makarel, hingga ikan teri. Salmon mengandung banyak omega-3, selain itu juga menyimpan nutrisi lain seperti vitamin B. Begitu juga dengan ikan makarel yang tak hanya kaya omega-3 tapi juga menyimpan vitamin B12 dan selenium yang bisa membantu menjaga kesehatan sistem saraf dan kekebalan tubuh.

Selain ikan, tiram juga kaya akan omega-3. Dalam 100 gram tiram mengandung 435 mg omega-3. Tiram juga menyimpan beragam nutrisi di dalamnya, seperti vitamin B12, tembaga, dan zink.

Untuk mendapatkan manfaat yang lebih sehat, olah makanan-makanan tersebut dengan cara dikukus atau menggunakan olive oil.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Kacang-kacangan

Untuk para vegetarian jangan khawatir melewatkan makanan kaya omega-3. Kacang kedelai, edamame, tahu, dan bahkan produk fermentasi seperti tempe pun mengandung omega-3. Selain itu, masih ada kacang almond dan walnut.

3. Biji-bijian

Biji-bijian juga tak boleh dilewatkan bila ingin mendapatkan asupan omega-3. Flaxseed merupakan salah satu jenis biji-bijian yang memiliki kandungan ALA yang tinggi. Sumber omega-3 lainnya yang berasal dari biji-bijian, antara lain chia seed dan pumpkin seed.Bukan hanya kaya omega-3, biji-bijian juga kaya serat sehingga baik untuk kesehatan saluran pencernaan.

3 dari 3 halaman

4. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti kale, brussel sprout, bayam dan rumput laut merupakan beberapa makanan kaya omega-3. Sama halnya dengan biji-bijian, sayuran memiliki kandungan serat yang tinggi dan sangat baik untuk kesehatan saluran pencernaan.

5. Produk Susu dan Telur

Ingin camilan sehat sekaligus mendapatkan asupan omega-3, maka kamu bisa mengonsumsi telur dan produk susu seperti susu sapi, susu kedelai hingga yoghurt.

6. Minyak

Memilih minyak yang tepat tidak hanya menyehatkan dan menjaga nutrisi makanan tetapi juga bisa mendapatkan manfaat omega-3. Beberapa minyak yang mengandung omega-3 adalah minyak zaitun, minyak kanola, minyak flaxseed, dan minyak kedelai.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini