Sukses

Jabar Targetkan Akhir September Seluruh Nakes Sudah Divaksin Booster

Saat ini jumlah nakes yang sudah diberikan vaksin booster itu sekitar 102 ribu dari total 180 ribu.

Liputan6.com, Bandung Gubernur Ridwan Kamil menargetkan pada akhir bulan September 2021 ini seluruh tenaga kesehatan (nakes) di Jawa Barat menerima vaksin booster COVID-19.

Menurut Ridwan Kamil hingga saat ini baru 60 persen nakes di Jawa Barat yang telah menerima vaksin booster COVID-19.

"Jumlah nakes yang sudah diberikan booster itu sekitar 102 ribu dari total 180 ribu. Sekitar hampir 60 persen dan diharapkan akhir September 100 persen booster nakes itu sudah terlaksanakan," ujar Ridwan Kamil dicuplik dari kanal You Tube Jabar Prov TV, Bandung, Senin, 20 September 2021.

Berdasarkan laman resmi Pemerintah Jawa Barat, jabarprov.go.id, vaksin booster atau vaksin ketiga untuk nakes yaitu vaksin jadi Moderna dari Amerika Serikat.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan suntikan vaksin dosis ketiga dengan menggunakan vaksin Moderna akan membantu melindungi tenaga kesehatan menghadapi gelombang kedua pandemi di Indonesia.

"Vaksin Moderna sama juga seperti vaksin mRNA (messenger RNA) lainnya merupakan vaksin dengan efikasi yang tinggi yang sudah terbukti cukup ampuh digunakan di Amerika Serikat untuk bisa menekan laju penularan COVID-19. Rencananya vaksin ini, selain untuk suntikan pertama dan kedua bagi rakyat Indonesia, khusus akan kami gunakan untuk booster suntikan ketiga bagi para tenaga kesehatan Indonesia," kata Budi pada 11 September 2021.

Budi menjelaskan sebnayak tiga juta vaksin Moderna telah tiba di Indonesia, merupakan dukungan dari pemerintah dan rakyat Amerika Serikat menambah jumlah ketersediaan vaksin di Indonesia.

Selain vaksin Moderna, Budi menyebut pada semester kedua ini sebanyak 290 juta pasokan vaksin akan tiba untuk kemudian disuntikkan pada masyarakat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Infografis Yuk! Pakai Masker dan Segera Vaksin Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.