Sukses

5 Mahasiswa UGM Teliti Potensi Daun Selasih untuk Obat Hipertensi

Lima mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) yang tergabung dalam Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) UGM Riset Eksakta (RE) menggali potensi daun selasih untuk obat hipertensi.

Liputan6.com, Jakarta - Lima mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, yang tergabung dalam Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) UGM Riset Eksakta (RE) menggali potensi daun selasih untuk obat hipertensi.

Kelima mahasiswa itu adalah Zahrandika Putra (Kedokteran 2019), Cici Yulian (Kedokteran 2019), Martinus Yayan (Kedokteran 2020), Talitha Tara (Kimia 2018), dan Afif Akmal (Kimia 2018).

Mereka melakukan penelitian selama 3 bulan untuk mengembangkan dan meneliti anti-hipertensi yang terdapat pada daun selasih.

Daun selasih atau dikenal sebagai daun basil sering digunakan sebagai taburan pada makanan karena memiliki aroma yang khas dan memberikan cita rasa yang unik.

Selasih juga memiliki kandungan zat aktif yang berpotensi untuk dikembangkan menjadi obat anti hipertensi.

Hipertensi atau naiknya tekanan darah sering disertai dengan berbagai kondisi seperti sakit kepala hebat, gangguan kesadaran, serta mual dan muntah.

Gejala ini juga dapat diduga sebagai tanda-tanda dari penyakit hipertensi ensefalopati yang merupakan bentuk komplikasi hipertensi pada otak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Latar Belakang

Melansir ugm.ac.id, penyakit hipertensi diperkirakan diderita oleh 3 persen penduduk Indonesia pada 2015.

Beberapa obat hipertensi pun telah diedarkan seperti ACE inhibitor maupun obat vasodilator guna menurunkan tekanan darah. Namun obat-obat tersebut tidak mampu memberikan efek neuroprotektif yang dapat mengurangi kerusakan saraf pada sistem saraf pusat.

 “Hipertensi merupakan penyakit yang banyak diderita di Indonesia, penyakit ini apabila tidak segera ditangani maka dapat menyebabkan stroke, gagal ginjal, dan hipertensi ensefalopati,” kata Zahrandika mengutip ugm.ac.id, Selasa (31/8/2021).

“Berdasarkan hal ini kami tergerak untuk meneliti kandungan dan menguji potensi dari daun selasih yang diekstrak dan digunakan sebagai obat anti hipertensi dan agen neuroprotektif,” sambungnya.

3 dari 4 halaman

Kandungan Daun Selasih

Zahrandika menjelaskan, kandungan zat aktif yang terdapat pada daun selasih, yaitu linalool bermanfaat sebagai agen neuroprotektif dan anti hipertensi dengan menghambat pergerakan kalsium pada kanal kalsium, yang dapat menurunkan tekanan darah.

Selain linalool, eugenol juga terkandung dalam daun selasih yang menyebabkan pelebaran pembuluh darah aorta sehingga dapat pula menurunkan tekanan darah pada pengidap hipertensi.

“Daun selasih yang kami peroleh, kami olah menjadi ekstrak kental melalui perendaman menggunakan pelarut etanol selama 3 hari. Selanjutnya, hasil rendaman diuapkan untuk mendapatkan ekstrak kentalnya,” jelas Talitha.

Ekstrak daun selasih yang telah diperoleh diuji kandungannya menggunakan instrumen GC-MS dan diujikan pada model hewan tikus.

“Terdapat 5 kelompok tikus, kelompok model tikus hipertensi 3,4, dan 5 diberi perlakuan ekstrak daun selasih dengan dosis yang berbeda-beda. Hasilnya terjadi penurunan tekanan darah yang signifikan dibandingkan kelompok model tikus yang tidak diberikan ekstrak” tambah Cici.

Penelitian ini diharapkan dapat dikembangkan lebih lanjut dan digunakan sebagai alternatif obat hipertensi ensefalopati.

4 dari 4 halaman

Infografis Beda Bahaya COVID-19 Varian Delta dengan Delta Plus

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.