Sukses

5 Pose Yoga untuk Anak Kurangi Stres karena Belajar Online

Anak bisa melakukan pose yoga sederhana untuk melepaskan stres

Liputan6.com, Denpasar - Sistem belajar daring dua hingga lebih dari empat jam sehari tak urung memicu stres pada anak. Kondisi yang membuat orangtua berpikir untuk menemukan cara terbaik agar bisa membantu anak-anak mereka.

“Anak-anak itu fitrahnya bermain. Jadi, wajar kalau jadi stres kalau dijejali sesuatu di luar fitrahnya itu,” kata Konsultan Parenting, Eddy Wiyono atau yang populer dengan sebutan Ayah Edy, kepada Health Liputan6.com.

Menemukan apa yang menjadi passion-nya dapat membantu mengurangi tekanan psikis akibat stres tersebut. Saat menjalani apa yang disuka, anak-anak melepaskan hormon bahagia yang membuatnya rileks.

Kegiatan fisik seperti yoga anak bisa jadi salah satu pilihan. Yoga adalah jenis olahraga yang menggabungkan antara latihan gerak, nafas, disertai suara musik dan meditasi.

Selain melatih kekuatan otot, meningkatkan fokus, juga dapat membantu merangsang imajinasi serta kreatifitas anak. Ini akan sangat membantu membangun kepercayaan diri serta pengendalian emosi anak.

Saat emosi negatif anak terkendali, maka kemungkinan terpicunya stres tersebut pun turut diperkecil.

.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gerakan Yoga untuk Anak

Terkait dengan yoga tersebut Puspa Anom, guru Yoga di Bali, menjelaskan beberapa gerakan yoga yang cocok untuk anak karena seru beserta manfaat dan cara melakukannya.

1. Tree Pose

Manfaatnya untuk mengencangkan otot kaki. Pose ini memberi efek tenang dan seimbang (balance).

Cara melakukannya: Ambil posisi berdiri tegak, angkat satu kaki (misalkan kaki kanan). Letakkan telapak kaki kanan pada paha atau lutut kiri (sesuai kemampuan tiap anak).

Fokuskan pikiran pada kaki yang menginjak ke matras, kemudian kedua tangan dicakupkan ke depan dada atau di atas kepala.

2. Down Dog Pose

Manfaatnya untuk memperkuat pergelangan kaki, merilekskan jantung, meningkatkan aliran darah ke otak.

Cara melakukannya: Buka kaki selebar pinggul, tangan selebar bahu, lalu telapak kaki dan telapak tangan menekan ke lantai. Pada tangan pastikan jari-jari tangan disebar untuk menghindari resiko cedera, angkat pinggul ke atas, kepala turun dengan pandangan ke arah pusar.

3. Big Toe Pose

Manfaatnya meregangkan otot paha belakang dan betis. Ini pun dapat membantu mengurangi kecemasan dan menenangkan pikiran anak.

Cara melakukannya: Berdiri tegak, buka kedua kaki, aktifkan otot-otot paha, kemudian membungkuk ke depan, dekatkan dahi ke lutut, posisi tangan memegang ibu jari kaki.

4. Butterfly Pose

Manfaatnya untuk peregangan pada otot paha, pose ini lebih terasa menyenangkan untuk dilakukan karena seakan mereka menirukan gerakan kupu-kupu.

Cara melakukannya: Ambil posisi duduk, kemudian cakupkan atau pertemukan kedua telapak kaki di depan, pegang jari-jari kaki, lalu gerak-gerakkan kedua lutut seperti kupu-kupu. Kalau anak siap dan mampu boleh turunkan dahi sampai menyentuh matras.

5. Dancer Pose

Manfaatnya meredakan cemas dan meningkatkan fokus.

Cara melakukannya: Ambil posisi berdiri tegak, rentangkan tangan kiri ke depan, lalu tekuk kaki kanan ke paha, pegang punggung kaki dengan tangan kanan, kemudian angkat kaki kanan semakin tinggi.

Yoga akan sangat membantu memperbaiki sistem pernafasan pada anak. Manfaatnya dapat meningkatkan sirkulasi oksigen dalam darah. Tentunya ini akan membuat mereka lebih semangat beraktifitas, cepat menerima pelajaran, merasa lebih rileks dan happy.

3 dari 3 halaman

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.