Sukses

Hebat! 4 Sekawan Paskibraka Nasional 2019 Ini Pernah Jadi Pembawa Baki

Menjadi Pembawa Baki pernah dirasakan empat orang Paskibraka Nasional 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Empat sekawan Paskibraka Nasional 2019 pernah mencicipi beratnya mengemban tugas sebagai Pembawa Baki.

Lho, kok bisa? Bukannya Pembawa Baki hanya dua putri, yang bertugas pada upacara di pagi dan sore hari?

Tugas sebagai Pembawa Baki saat pengibaran Sang Merah Putih pada HUT ke-74 RI diberikan ke Paskibraka wakil Jawa Tengah, Salma El Mutafaqqiha Putri Achzaabi.

Paskibraka Nasional 2019 kelahiran Malang, 16 Desember 2002 bercita-cita menjadi pilot wanita TNI Angkatan Udara (AU).

Sedangkan Paskibraka yang didapuk menjadi Pembawa Baki pada upacara penurunan adalah wakil Bengkulu, Aisyah Rahmawati.

Saat itu Aisyah tercatat sebagai siswi SMA Negeri 3 Seluma. Motivasinya mengikuti seleksi Paskibraka Nasional 2019 agar cita-citanya menjadi Polisi Wanita bisa terwujud.

Lantas, bagaimana dengan dua Pembawa Baki Paskibraka Nasional lainnya?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pembawa Baki Paskibraka Nasional 2020

Dua lainnya adalah Indrian Puspita Rahmadhani (DI Aceh) dan Sylvia Kartika Putri (Sumatera Utara). Mereka adalah Paskibraka Nasional 2019 yang kembali bertugas pada 2020.

Pada upacara HUT ke-75 Republik Indonesia di Istana Merdeka, terpilih delapan orang Paskibraka dari tahun sebelumnya yang kembali bertugas di hadapan Presiden Joko Widodo.

Delapan orang tersebut merupakan tim kedua dengan perolehan nilai terbaik pada 2019.

Indrian Puspita Rahmadhani atau yang akrab disapa Indri mendapat mandat menjadi Pembawa Baki pada upacara di pagi hari.

Bedanya, Indri sudah membawa bendera sejak berada di titik awal anggota Paskibraka Nasional 2020 berdiri.

Putri pasangan Roni Nurjaman dan Ely Hafni menjalankan tugasnya dengan sangat baik.

Begitu juga dengan Sylvia, yang bertugas sebagai Pembawa Baki upacara penurunan Sang Merah Putih. Bila biasanya bendera yang sudah diturunkan diserahkan kepada Presiden, pada saat itu bendera dibawa sampai ke titik akhir barisan.

Di tahun sebelumnya, gadis kelahiran Pematang Siantar, 19 Agustus 2003 tersebut merupakan pembawa baki cadangan yang berada persis di belakang Paskibraka Pembawa Baki Salma El-Mutafaqqiha.

 

3 dari 5 halaman

Apa kabar Empat Sekawan Pembawa Baki Paskibraka Nasional 2019 dan 2020 ?

Mengintip Instagram pribadinya, @salmabii, pemilik 23 ribu pengikut tersebut tak mengunggah satu pun foto. Saat dihubungi melalui telepon pun terdengar nada sibuk.

Usut punya usut, teman-teman dari Merah Putih 2019 menduga kemungkinan 'hilangnya' Salma dari peredaran, lantaran dia tengah menempuh penduduk di Akademik Angkatan Udara (AAU)

Sedangkan Aisyah, saat ini tengah sibuk dengan tugas-tugasnya sebagai mahasiswi Fakultas Manajemen Universitas Bengkulu. Di tengah kesibukannya sebagai mahasiswi, Aisyah tak lupa 'tugasnya' sebagai Purna Paskibraka Indonesia yang harus terlibat dalam melatih calon Paskibraka.

"Kegiatan Aisyah setelah pengibaran adalah melatih adik-adik Capas. Sampai untuk pengibaran tahun ini. Tahun lalu ikut SNMPTN dari sekolah, Alhamdulillah, Aisyah lulus di Universitas Bengkulu," katanya kepada Diary Paskibraka Liputan6.com pada Senin, 16 Agustus 2021.

Aisyah belum lama dirudung duka. Ayahanda tercinta meninggal dunia pada Juni 2021 karena kanker paru-paru.

"Belum lama mengidap kanker parunya, baru dua bulan lebih sedikit. Bulan puasa kalau enggak salah mulai (didiagnosanya). Sebelum-sebelumnya tidak ada yang dirasakan," ujar Aisyah.

Setelah kepergiaan Sang Ayah, Aisyah mulai memersiapkan diri untuk mengikuti tes Kowad sebagaimana yang dicita-citakannya selama ini.

"Aisyah mau jadi Abdi Negara," katanya.

 

4 dari 5 halaman

Indri Sibuk Persiapkan Diri Tes Masuk Kepolisian

Berbeda dengan Aisyah yang memilih untuk kuliah, Indri memilih untuk tidak melanjutkan kuliah lantaran tahun depan akan mengikuti tes Kepolisian.

"Aku enggak ada kegiatan apa-apa. Palingan olahraga dan akhir bulan Juli kemarin ikut serta jadi pelatih Paskibraka di Kabupaten," katanya.

"Aku enggak kuliah. Tahun depan InsyaAllah mau tes Polisi," Indri menambahkan.

Indri mengaku persiapannya untuk ikut seleksi Polisi sudah 70 persen.

5 dari 5 halaman

Infografis 6 Kebiasaan Bikin Hand Sanitizer Tak Efektif Cegah Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.