Sukses

Hindari Nyeri Sendi dan Otot dengan 5 Cara Ini

Ahli fisioterapi yang saat ini bertugas mendampingi tim nasional sepak bola Indonesia, Asep Azis, SST. Ft. menyampaikan 5 hal yang dapat dilakukan untuk menghindari nyeri sendi dan otot.

Liputan6.com, Jakarta Ahli fisioterapi yang saat ini bertugas mendampingi tim nasional sepak bola Indonesia, Asep Azis, SST. Ft. menyampaikan 5 hal yang dapat dilakukan untuk menghindari nyeri sendi dan otot.

Kelima hal tersebut yakni:

-Tetap aktif secara fisik dengan menggerakkan tubuh. Bangun dari duduk dan lakukan peregangan setiap 20 atau 30 menit sekali selama 5 hingga 10 menit, secara berkala.

-Lakukan aktivitas low-impact yang tidak membebani persendian, seperti jalan cepat, bersepeda, berenang, berkebun, senam, dan menari.

-Melatih kekuatan otot, seperti mengangkat beban dan olahraga dengan resistance band dapat membantu memperkuat tulang dan tentunya otot yang menopang persendian.

-Latih fleksibilitas dan keseimbangan. Sendi yang kaku akan menyulitkan dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Gerakan peregangan, yoga, dan thai chi yang lembut dan mudah bagi pemula dapat melatih rentang gerak pada persendian sekaligus membantu melenturkan sendi.

-Siapkan pereda nyeri topikal atau antiinflamasi nonsteroid demi kenyamanan aktivitas fisik sehari-hari.

“Jika nyeri berlanjut, konsultasikan lah obat yang tepat dengan dokter. Tak ketinggalan, diskusikan gerakan-gerakan yang aman dan ideal dengan ahli terapi fisik atau pelatih berpengalaman untuk mendapatkan latihan fisik yang tepat sesuai kondisi,” kata Asep dalam seminar daring Combiphar, ditulis Rabu (16/6/2021).

Simak Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengatur Pola Makan

Dalam acara yang sama, Medical Expert Combiphar, dr. Edo Adimasta mengatakan, walaupun belum terdapat pengobatan khusus untuk nyeri sendi, mengatur pola makan dengan mengonsumsi makanan tertentu juga mampu melawan peradangan.

Selain itu, asupan nutrisi yang baik juga dapat memperkuat tulang dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

“Jangan lupa hindari makanan yang cenderung memperburuk peradangan,” terang Edo.

Makanan yang dapat dikonsumsi di antaranya:

-Buah dan sayuran segar, seperti mangga, alpukat, semangka, brokoli, bayam, wortel, dan paprika merah.

-Ikan yang kaya dengan asam lemak omega-3 seperti salmon dan tuna.

-Biji-bijian seperti gandum juga kacang-kacangan seperti kacang tanah, kenari, dan almond.

-Rempah-rempah seperti bawang putih, jahe, dan kayu manis.

3 dari 4 halaman

Makanan yang Perlu Dihindari

Sedangkan, lanjut Edo, daging merah, gula, lemak, garam, tomat, serta terong, adalah makanan yang harus dihindari.

Begitu pula dengan makanan tinggi kalori, tinggi purin dan dimasak dengan suhu tinggi, juga mentega dan alkohol, tutup Edo.

4 dari 4 halaman

Infografis 5 Cara Cegah COVID-19 Saat Berolahraga di Gym

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.