Sukses

Permudah Akses Pelayanan bagi Pasien Kanker, RS AWS Kaltim Jalin Kerja Sama dengan RS Dharmais

Guna mempermudah akses pelayanan kanker, RS Abdul Wahab Sjahranie sudah menjalin kerja sama dengan RS Kanker Dharmais

Liputan6.com, Samarinda RS Kanker Dharmais (RSKD) membangun jejaring dengan RS Abdul Wahab Sjahranie (RSUD AWS) di Samarinda, Kalimantan Timur. Hal ini dilakukan untuk mempermudah pasien kanker Kalimantan Timur dan sekitarnyaa dalam mengakses layanan medis penyakit kanker.

"Kami berharap dapat membantu adanya pelayanan kanker yang komprehensif di RS Abdul Wahab Sjahrnie atau center-center manapun di Indonesia, sehingga masyarakat yang membutuhkan pelayanan kanker tidak harus datang ke Jakarta," ucap Direktur Utama RS Kanker Dharmais Soeko Nindito usai bertemu dengan Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor pertengahan pekan ini di Samarinda.

Pelayanan kanker komprehensif, menurut Soeko, mencakup promotif, preventif, deteksi dini, diagnostik, terapi, paliatif hingga rehabilitatif. Dalam jejaring layanan kanker ini diharapkan termasuk dalam pendidikan dan penelitian.

"Alhamdulillah, rencana kerja sama ini bagus. Semoga bermanfaat bagi rakyat Kaltim," sebut Isran Noor ketika menerima kunjungan manajemen RS Kanker Dharmais.

.

Simak Juga Video Berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Permudah Pasien Kanker di Kaltim Dapat Pelayanan

Isran mendukung penuh kerja sama tersebut karena dapat membantu mempermudah pasien kanker di provinsi tersebut mendapatkan layanan kesehatan.

RSUD AWS menjadi salah satu jejaring pelayanan kanker karena memenuhi kriteria yang ditetapkan. Diantaranya memiliki sumber daya manusia dan peralatan yang memadai sebagai rujukan dan pembina layanan kanker di daerah.

"RS Kanker Dharmais sebagai Pusat Kanker Nasional, memiliki rencana mengembangkan pusat layanan kanker diderah yang nantinya akan dibina oleh RS Dharmais," jelas David Mashjoer.

RS Kanker Dharmais sebagai Pusat Kanker Nasional dan Kementerian Kesehatan saat ini berfokus pada pengembangan jejaring layanan kanker ke rumah sakit di daerah. Untuk mewujudkan itu, Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan Kementerian Kesehatan Rita Roqayah dan Direktur Utama RS Kanker Dharmais Soeko Nindito beserta jajaran melakukan kunjungan ke Kalimantan Timur.

Selain mensosialisasikan program pengembangan kanker, manajemen RSKD juga melihat langsung kesiapan layanan kanker terutama pada layanan kedokteran nuklir, radiologi dan radioterapi yang menjadi unggulan RSUD AWS.

3 dari 3 halaman

Infografis Akar Bajakah dari Kalimantan Bisa Sembuhkan Kanker?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.