Sukses

Ketua Satgas COVID-19: Pertempuran Kita Masih Panjang

Hampir semua provinsi di Sumatera mengalami kenaikan kasus COVID-19. Baik kenaikan kasus aktif maupun keterisian tempat tidur (BOR) di sejumlah rumah sakit.

Liputan6.com, Jakarta Sebulan terakhir, sebagian besar provinsi di Sumatera mengalami kenaikan kasus COVID-19. Baik kenaikan kasus aktif maupun keterisian tempat tidur (BOR) di sejumlah rumah sakit mengalami peningkatan seperti disampaikan Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Doni Monardo.

Melihat fakta ini Satgas COVID-19 didampingi oleh Kementerian Kesehatan, Kementerian Dalam Negeri, dan Unsur TNI Polri telah berkeliling ke seluruh provinsi di Sumatera. Mereka mengingatkan pimpinan setiap daerah untuk mengantisipasi penularan kasus dengan menyediakan seluruh fasilitas pendukung termasuk rumah sakit.

Doni menambahkan, beberapa provinsi yang jumlah kasusnya telah mencapai puncak menunjukkan perkembangan yang baik yaitu adanya pelandaian.

Alhamdulillah beberapa provinsi yang telah mencapai puncak sekarang ini mengalami pelandaian walaupun ini belum menjamin sepenuhnya, kita baru merasa pasti nanti mungkin pada awal minggu kedua bulan Juni yang akan datang,” ujar Doni dalam konferensi pers Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sabtu (15/5/2021).

Pada awal minggu kedua Juni nanti Indonesia baru bisa membuktikan keberhasilan penanganan pandemi COVID-19, lanjut Doni.

“Jadi untuk sementara ini, walau beberapa daerah sudah berhasil menurunkan laju kasus aktif harian tapi pertempuran kita masih panjang.”

Doni juga mengingatkan untuk wilayah Pulau Jawa agar waspada karena tahun lalu sempat terjadi kenaikan kasus di akhir tahun memasuki tahun baru. Hal ini menyebabkan terjadinya kenaikan jumlah pasien di beberapa rumah sakit di Pulau Jawa.

Maka dari itu, ia mendorong para pimpinan di Pulau Jawa untuk mempersiapkan dan mengoptimalkan fasilitas rumah sakit yang ada di daerah agar kejadian di tahun lalu terkait penuhnya rumah sakit tidak terjadi lagi.

 

Simak Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Infografis Dilarang Mudik Lebaran 2021

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.