Sukses

Keloid Bikin Nggak Percaya Diri? Ini Cara Menghilangkannya

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang memiliki bekas luka yang berbeda-beda. Hal itu tergantung dari jenis luka, penyebab luka, kedalamannya, dan bagaimana proses perawatannya. Banyak faktor yang memengaruhinya. 

Salah satu bekas luka yang mengganggu penampilan adalah keloid. Ya, keloid merupakan bekas luka yang menyebabkan perubahan pada tekstur kulit dan membentuk tonjolan berlebih, melebihi batas luka itu sendiri. 

Keloid cukup mengganggu, ketika terjadi di area wajah, leher, dan pundak. Lalu adakah cara menghilangkan keloid? 

Dokter Spesialis Bedah Plastik, Prof. Dr. dr. David S. Perdanakusuma, Sp.BP-RE(K) dari Rumah Sakit EMC Tangerang menjelaskan bahwa keloid bisa dihilangkan dengan beberapa cara, yaitu: 

2 dari 4 halaman

1. Tindakan Bedah Eksisi

Ini merupakan tindakan yang dilakukan untuk membuang bagian keloid yang ada, merawat luka, serta memberikan perawatan pasca tindakan untuk mencegah timbulnya keloid kembali.

 

3 dari 4 halaman

2. Tindakan Kombinasi

Terkadang, cara menghilangkan keloid memerlukan kombinasi antara tindakan bedah dan non-bedah untuk hasil yang optimal. 

4 dari 4 halaman

3. Topikal Krim Anti Keloid

Perawatan ini dilakukan dengan pemberian krim dengan kandungan arbutin dalam PH basa atau silikon untuk perawatan luka pasca eksisi keloid. 

Nah jika kamu punya masalah bekas luka seperti keloid dan ingin menghilangkannya, ada baiknya berkonsultasi ke dokter profesional. 

Pilihlah dokter spesialis dari rumah sakit yang menyediakan fasilitas mumpuni dengan pelayanan optimal. 

 

(*)