Sukses

Stok Vaksin COVID-19 Cukup, Menkes Budi: Kita Mulai Genjot Lagi

Menkes Budi Gunadi Sadikin berharap pemenerima vaksin COVID-19 tembus 1 juta Juni mendatang.

Liputan6.com, Jakarta Stok vaksin COVID-19 pada Mei 2021 dipastikan cukup. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pun mengajak kepala daerah untuk kembali menggenjot cakupan vaksinasi COVID-19.

Menkes Budi Gunadi Sadikin lalu berharap jumlah penerima vaksin COVID-19 di Indonesia bisa tembus sebanyak 1 juta orang pada Juni 2021.

“Pesan saya ke seluruh aparat di daerah kita mulai genjot lagi,” kata Budi dalam konferensi pers virtual di YouTube Sekretarias Presiden, Senin (10/5/2021).

“Karena jumlah stok vaksinnya sudah cukup, di bulan Mei, sesudah Lebaran, segera kita genjot lagi vaksinasinya unutk bisa naik. Kalau bisa kita coba menyentuh satu juta per bulan di bulan Juni,” dia melanjutkan.

Tingkat vaksinasi COVID-19 sempat turun pada April lalu karena jumlah stok vaksin yang terbatas. Namun, kini jumlah stok vaksin COVID-19 yang dimiliki Indonesia sudah membaik. 

Hingga kini sudah hampir 22 juta masyarakat Indonesia menerima suntikan vaksin, 13 juta di antaranya baru menerima dosis pertama, sedangkan 8 juta lainnya sudah mendapatkan dosis kedua.

Simak Juga Video Berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tambahan Vaksin bagi Provinsi Tertentu

Budi menyebut pihaknya akan memberikan tambahan vaksin bagi provinsi yang sudah maju dalam melakukan vaksinasi.

“Seperti Jakarta, Bali, dan Yogyakarta akan kami berikan vaksin tambahan supaya mereka bisa cepat menyelesaikan vaksinasi,” ujarnya.

Ketiga provinsi tersebut merupakan provinsi yang paling banyak melakukan vaksinasi lansia. Budi pun mengapresiasi pencapaian tersebut dan berharap dapat menjadi motivasi bagi provinsi-provinsi lainnya.

“Mudah-mudahan ini bisa menjadi motivasi untuk provinsi-provinsi lain (agar) segera (melakukan) suntik (vaksinasi) lansianya cepat selesai, karena semakin cepat selesai kita semakin lebih cepat untuk membuka vaksinasi bagi masyarakat umum,” tutur Budi.

 

Penulis: Abel Pramudya Nugrahadi

3 dari 3 halaman

Infografis 4 Skema Layanan Vaksinasi COVID-19 Tahap 2

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.