Sukses

Waspada, Obesitas Bisa Menjadi Awal dari Diabetes

Liputan6.com, Jakarta Tidak semua pasien diabetes mengalami obesitas tetapi pada umumnya obesitas bisa menjadi awal dari diabetes. Tentu, kondisi obesitas perlu dicegah agar tidak sampai menjadi diabetes.

Ketua Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (PERKENI) Prof. DR. dr. Ketut Suastika, SpPD-KEMD menjelaskan bahwa bila tidak ditangani dengan baik, obesitas akan menimbulkan prediabetes atau sindrom metabolik. Jika kondisi ini kembali dibiarkan, dapat menimbulkan penyakit diabetes tipe 2.

“Intervensi harus sudah dilakukan pada fase prediabetes bahkan obesitas. Ini adalah fase dimana jauh lebih gampang menangani dibandingkan mengobati pasien yang jatuh ke diabetes tipe 2, sudah rumit, cost-nya banyak, obatnya banyak,” ungkap Ketut dalam konferensi pers virtual Hari Diabetes Nasional 2021 pada Senin (19/4/2021) 

Dalam pemaparannya, Ketut menyampaikan bahwa 1 dari 3 orang dewasa di Indonesia mengalami obesitas. Sementara itu, 1 dari 5 anak usia 5 sampai 12 tahun juga mengalami obesitas.

“Ini tantangannya besar sekali kalau kita bicara bahwa orang-orang obese ini adalah calon orang prediabetes dan calon orang diabetes kalau kita tidak mengintervensinya,” kata Ketut. 

Menurutnya, salah satu intervensi obesitas yang bisa dilakukan adalah melaksanakan pola hidup yang sehat dengan mengatur makanan dan melakukan aktivitas fisik.

2 dari 4 halaman

Komplikasi Diabetes

Sebagian besar pasien diabetes datang sudah dengan komplikasi. Ia menyebut sekitar 2 per 3 pasien diabetes tidak menyadari bahwa penyakitnya berisiko besar akan mengalami komplikasi. 

“Sebagian besar masih tidak patuh pada pengobatan sehingga lebih dari 2 per 3 pasien sasaran kendali gula darahnya masih belum bagus,” ujar Ketut.

Menurut Ketut, biaya pengobatan pasien justru akan lebih tinggi pada kondisi komplikasinya. Pasalnya, seringkali orang diabetes yang mengalami komplikasi penyakit jantung, kelainan jantungnya lebih berat.

 “Tiga pembuluh darah bisa buntu, sehingga ring saja tidak cukup dia harus bedah atau pintas pembuluh darah,” katanya.

 

Penulis: Abel Pramudya Nugrahadi

3 dari 4 halaman

Infografis 4 Tips Penderita Diabetes Hindari Penularan Covid-19

4 dari 4 halaman

Simak Juga Video Berikut

  • Diabetes (diabetes melitus) adalah suatu penyakit metabolik yang diakibatkan oleh meningkatnya kadar glukosa atau gula darah.
    Diabetes
  • Obesitas merupakan penumpukan lemak yang berlebihan sehingga membuat berat badan di atas normal.
    Obesitas
  • Prediabetes adalah kondisi di mana kadar gula darah melebihi batas normal, namun belum terlalu tinggi untuk dimasukkan kategori diabetes.
    Prediabetes
  • Sindrom metabolik merupakan kondisi adanya gangguan gula darah, tekanan darah, kolesterol, dan obesitas pada satu individu.
    Sindrom Metabolik
  • Penyakit jantung merupakan istilah umum dari semua penyakit yang menyerang jantung. Jantung koroner, bawaan, aritmia, gagal, infeksi jantung
    Penyakit Jantung