Sukses

Mengenal Habbatussauda, Tanaman Herbal Kaya Manfaat Sembuhkan Berbagai Penyakit

Liputan6.com, Jakarta - Habbatussauda, atau akrab disebut dengan Jinten Hitam merupakan salah satu tanaman herbal yang kaya manfaat. Berbagai penelitian telah menunjukkan khasiat Habbatussauda dalam menyembuhkan berbagai penyakit.

Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), Dr. (Cand.) dr. Inggrid Tania, M.Si (Herbal) memaparkan beragam sifat dari Habbatussauda yang menjadikannya kaya manfaat.

“Habbatussauda bersifat antioksidan, anti-inflamasi (anti peradangan), antimikroba, antikanker, antidiabetes, antiparasit, dan multi organ protective. Artinya Habbatussauda mampu melindungi organ-organ dalam tubuh seperti lambung, jantung, dan pembuluh darah,” ungkap dr. Inggrid dalam Acara Press Launch Antangin Habbatussauda, Kamis (15/4/2021).

Selain itu, Habbatussauda juga mampu melebarkan salah satu sistem pernapasan manusia yakni Bronkus. Sehingga, Habbatussauda mampu mengobati penyakit infeksi pada saluran pernapasan seperti COVID-19.

Dokter Inggrid juga mengungkapkan studi yang menunjukkan hasil uji klinik dari Habbatussauda. Bahwa secara signifikan Habbatussauda mampu meredakan gejala, mempercepat klirens virus, dan mencegah kematian pasien COVID-19 dengan gejala sedang hingga berat.

 
2 dari 4 halaman

Mengembalikan Ketidakseimbangan Imun

Dalam presentasinya, Dokter Inggrid juga menunjukkan bahwa fungsi prenventif (pencegahan) dari Habbatussauda mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh manusia.

Kandungan Imunomodulator di dalam Habbatussauda, mampu memodifikasi respon imun, mengaktifkan mekanisme pertahanan alamiah dan adaptif. Tujuannya untuk mengembalikan keseimbangan sistem imun yang terganggu.

Manfaat mengembalikan keseimbangan imun dari Habbatussauda berasal dari kandungan senyawa-senyawa aktif di dalamnya. Senyawa aktif ini membuat Habatussauda aman untuk pemakaian jangka panjang.

 

 

Penulis: Rissa Sugiarti

 
3 dari 4 halaman

Infografis 7 Tips Aman Belanja di Pasar Saat Pandemi COVID-19

4 dari 4 halaman

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini