Sukses

Tinjau Vaksinasi COVID-19 untuk Lansia di Pusat Perbelanjaan, Menkes Budi Puji Kabupaten Tangerang

Liputan6.com, Tangerang - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 untuk warga lanjut usia (lansia) tahap pertama yang diadakan di Mal Ciputra Tangerang, Sabtu (27/3/2021).

"Kami memuji Pak Bupati (Tangerang). Saya lihat orang tua yang paling rentan kena (COVID-19) sesudah tenaga kesehatan, tapi mencari akses vaksin kadang lansia kalah sama yang muda. Alhamdulillah, saat ini saya lihat orang tua di daerah Kabupaten Tangerang bisa divaksin duluan," kata Menteri Kesehatan kepada wartawan, di Mal Ciputra Tangerang, Sabtu (27/3/2021).

Selain itu, Menkes juga memuji kegiatan vaksinasi di lingkungan pusat perbelanjaan. Budi Gunadi pun akan memikirkan bagaimana caranya menambah pasokan vaksin untuk kabupaten kota yang benar-benar bisa eksekusi vaksinasi lansia lebih cepat.

"Tapi sesudah diukur, kemampuannya tidak akan cukup karena kita mau naikin dari 10 ribu per hari, kemudian naik 200 ribu per hari, kemudian minggu lalu bisa 500 ribu per hari," katanya.

Alhasil, agar cukup mengejar target vaksinasi 1 juta orang per hari yang akan direalisasikan pada Juni 2021 nanti, proses vaksinasi dilakukan di beberapa sentral seperti di aula atau sekolah, termasuk melakukan pembicaraan dengan asosiasi mal.

 

2 dari 5 halaman

Partisipasi Mal Ciputra

Sementara, di tempat yang sama, Presiden Direktur Ciputra Residence Budiarsa Sastrawinata mengatakan merasa senang bisa ikut ambil bagian dalam kegiatan vaksinasi lansia di Mal Ciputra.

"Pak Menteri juga bilang tadi sangat terharu melihat bahwa lansia juga bisa melakukan vaksinasi, karena lansia sulit untuk ke mana-mana. Tapi kalau ke mal kan tidak seperti ke rumah sakit perasaannya, bisa dengan krluarga sekalian rekreasi dan berbelanja dengan keluarga," ujarnya.

Budiarsa juga mengatakan, Menkes Budi Gunadi juga sempat menanyakan pada Bupati Tangerang, jika memang perlu lebih banyak vaksin, maka akan pihaknya akan memasok tambahan vaksin COVID-19 ke Kabupaten tangerang.

"Kebetulan hari ini vaksin lansia terakhir di Ciputra Mal. Tapi kalau dikasih (pasokan vaksin, red) lagi, kita siap menyelenggarakan. Kemarin, kita diberi target vaksinasi 3.000 untuk 10 hari, dan sekarang sudah habis," katanya.

3 dari 5 halaman

Dukungan Penuh dari Rumah Sakit CitraRaya

Dengan kolaborasi antar unit usaha di dalam Grup Ciputra ini, diharapkan masyarakat Kabupaten Tangerang dapat segera kembali beraktivitas normal dan geliat ekonomi dapat segera kembali.

"Bila masyarakat sudah terbebas dari Covid-19, maka kita harapkan perekonomian bisa kembali bertumbuh, lapangan kerja kembali terbuka dan masyarakat dapat menjalankan kegiatan dengan lebih leluasa." lanjut Budiarsa.

Kegiatan vaksinasi lansia ini mendapat dukungan penuh dari tenaga medis Ciputra Hospital CitraRaya Tangerang, dimana sebanyak 12 tenaga medis dan 10 tenaga non medis diturunkan setiap harinya dalam pelaksanaan ini.

Pelaksanaan vaksinasi ini pun tetap menaati protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. Sejak awal masyarakat mendaftar sampai selesai vaksin, semua tahap mengurangi kontak langsung dan menghindari kerumunan. (Pramita Tristiawati)

4 dari 5 halaman

Infografis

5 dari 5 halaman

Simak Juga Video Berikut Ini