Sukses

Percepat Upaya Penanganan COVID-19, BUMN Kembangkan Sentra Vaksinasi di 5 Daerah

Tidak hanya berusaha menghadirkan vaksin, dalam upaya percepatan vaksinasi COVID-19 nasional pemerintah juga terus melakukan langkah-langkah lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Tidak hanya berusaha menghadirkan vaksin, dalam upaya percepatan vaksinasi COVID-19 nasional pemerintah juga terus melakukan langkah-langkah lainnya.

Salah satunya dengan menghadirkan Sentra Vaksinasi COVID-19 Bersama BUMN di mana awalnya hanya ada di Istora Senayan Jakarta, saat ini sudah berlanjut ke berbagai kota.

Di beberapa kesempatan, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menegaskan bahwa percepatan vaksinasi nasional harus dilakukan demi mewujudkan Indonesia Sehat sesegera mungkin.

“Sentra Vaksinasi Bersama BUMN akan memudahkan akses publik serta mempercepat dan memperluas cakupan vaksinasi program pemerintah," ujarnya mengutip keterangan pers, Sabtu (27/3/2021).

Data peserta akan diperoleh melalui pendaftaran dan pendataan berbasis teknologi dari Kementerian BUMN, Kementerian Kesehatan, dan peserta umum yang berbasis komunitas, tambahnya.

Hingga Maret 2021 ini, perluasan Sentra Vaksinasi COVID-19 Bersama BUMN sudah mencapai lima lokasi. Kelima lokasi Sentra Vaksinasi COVID-19 Bersama BUMN tersebut yakni:

1. Jakarta: Istora Senayan pada 8 Maret - 8 Mei.

2. Jakarta: Tenis Indoor Senayan pada 21 Maret - 21 Mei.

3. Semarang : PRPP Semarang pada 21 Maret - 21 Mei.

4. Banyumas: GOR Satria pada 31 Maret - 31 Mei

5. Surabaya : Grand City Exhibition Centre pada 28 Maret - 28 Mei.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Simak Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Saat Ini Fokus pada Lansia dan Petugas Publik

Ketua Satgas Sentra Vaksinasi Bersama BUMN Arya Sinulingga menjelaskan bahwa untuk saat ini, Sentra Vaksinasi COVID-19 Bersama BUMN fokus pada target peserta lansia dan petugas publik.

“Sesuai dengan tahapan program vaksinasi COVID-19 dari pemerintah,” ujar Arya yang juga Koordinator PMO Komunikasi Publik Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN).

Untuk pendaftaran lansia, lanjutnya, bisa secara daring melalui loket.com. Adapun link pendaftaran akan berbeda untuk masing-masing lokasi. Link pendaftaran tiap lokasi bisa dicek di Instagram @sentravaksinbumn.

Peserta dihimbau untuk tetap dalam kondisi fit dan menjaga kesehatan. Cek kesehatan secara umum sehingga diketahui bila ada komorbid.

Jangan sampai komorbid baru ketahuan pada saat skrining vaksinasi karena akan mengakibatkan penundaan bahkan pembatalan pemberian vaksin, katanya.

Bagi peserta yang berobat rutin untuk penyakit kronis, diimbau untuk membawa surat rekomendasi vaksin dari dokter spesialis.

"Sebagaimana diketahui bersama, tujuan besar dari program vaksinasi nasional COVID-19 adalah terwujudnya herd immunity."

Perluasan lokasi Sentra Vaksinasi COVID-19 Bersama BUMN ini juga dibuat guna mengakselerasi program vaksinasi sehingga kekebalan kelompok bisa segera tercapai.

“Untuk segera menuju terbentuknya kekebalan kelompok, selain vaksinasi perlu tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan 3M (Mencuci tangan, Memakai masker, dan Menjaga jarak),” tutup Arya.

3 dari 3 halaman

Infografis . Setahun Pandemi COVID-19, Pariwisata Dunia dan Indonesia Terpuruk

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.