Sukses

Tips Wabup Jabar Cegah Anak Kecanduan Gawai

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menyatakan pembatasan penggunaan gawai pada anak harus dilakukan untuk melindungi anak dari kecanduan gawai.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengatakan pembatasan penggunaan gawai pada anak harus dilakukan untuk melindungi anak kecanduan gawai. Itu dikatakan Uu Ruzhanul Ulum, menanggapi fenomena kecanduan gawai pada anak menjadi perhatian Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jawa Barat (Jabar).

Uu Ruzhanul Ulum menyatakan, orangtua punya peran penting dalam membatasi penggunaan gawai.K Khususnya membatasi konten dan informasi yang tidak layak untuk anak.

"Pendidikan merupakan benteng moral bagi mereka. Guru dan orang tua harus memberikan pendidikan tekstual dan kontekstual. Jangan lupa berikan pendidikan ukhrawi," ujar Uu Ruzhanul Ulum dalam keterangan resminya ditulis, Rabu (24/3/2021).

Uu Ruzhanul Ulum menuturkan, gawai dapat berkakibat ganda. Jika digunakan dengan baik, gawai dapat menjadi sumber informasi dan pembelajaran bagi anak. Sebaliknya, jika tidak digunakan dengan bijaksana, gawai dapat berdampak negatif pada anak-anak.

Pembatasan dan pengawasan orang tua amat penting dilakukan. Apalagi, saat ini, banyak informasi bohong atau hoaks, pornografi, dan konten kekerasan, yang dapat diakses oleh anak melalui gawai, khususnya di media sosial.

"Memang tidak bisa dipungkiri, bahwa dengan terkoneksi internet, anak- anak bisa mudah mengakses berbagai informasi dan ilmu pengetahuan. Namun, dari kemudahan tersebut, ditemui masalah serius. Diawali dari penyebaran konten-konten negatif, juga adanya berita hoaks, gim, konten video, sehingga situasi dan kondisi seperti ini memiliki efek negatif yang luar biasa," kata Uu Ruzhanul Ulum.

 

Simak Juga Video Berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Indikasi Anak Kecanduan Gawai

Uu Ruzhanul Ulum menuturkan, terdapat sejumlah indikasi anak kecanduan gawai. Mulai dari sering berdiam di kamar, bermain gawai lebih dari enam jam per hari, sampai mudah gelisah saat tidak bermain gawai. Orang tua dituntut peka membaca indikasi tersebut.

Jika anak terindikasi kecanduan gawai sebut Uu Ruzhanul Ulum, orang tua harus meningkatkan intensitas komunikasi dengan anak, habiskan waktu bersama lebih banyak, dan memberi kesibukan kepada anak dengan hal-hal positif seperti les musik.

"Anak jangan dibiarkan diam di kamar terus. Senang olahraga, silahkan didorong mau main bola, badminton, pingpong. Senang silat didorong juga. Sehingga usia 17 tahun ke bawah ada kesibukan, dan kesibukan pun positif sehingga turut pula membentuk karakter anak," tambah Uu Ruzhanul Ulum.

Pemerintah Jawa Barat diklaim oleh Uu Ruzhanul Ulum, telah menggagas program Setangkai untuk mencegah fenomena kasus anak kecanduan atau adiksi terhadap gawai.

Selain itu, Pak Uu juga mengajak semua lapisan masyarakat untuk turut serta mencegah anak kecanduan gawai. Hal itu perlu dilakukan karena masa depan Indonesia, khususnya Jabar, berada di tangah anak-anak saat ini.

"Oleh karenanya dengan kegiatan kali ini, kami memberikan warning, pemberitahuan kepada orang tua lewat PKK, Posyandu, untuk diinformasikan terkait bahaya gawai pada anak," tukas Uu Ruzhanul Ulum. 

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.