Sukses

Menkes Budi Tegaskan Sertifikat Vaksinasi COVID-19 Belum Jadi Syarat Bebas Terbang

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin menegaskan bahwa sertifikat vaksinasi COVID-19 belum jadi syarat bebas terbang. Ini karena walau sudah disuntik vaksin, seseorang bisa tetap bisa terkena virus Corona dan menularkan kepada orang lain.

"Saya pernah bicara (sertifikat vaksinasi COVID-19) pada awal Saya jadi Menkes. Dan itu memicu perdebatan di kalangan epidemiolog," kata Budi saat Rapat Kerja Bersama Komisi IX DPR RI di Gedung DPR, Jakarta, ditulis Kamis, 18 Maret 2021.

"Kalau sudah divaksin ya belum ada garanty (jaminan), bahwa seseorang dijamin tidak terkena dan menularkan virus Corona," Menkes melanjutkan.

Vaksinasi COVID-19 berperan membantu terbentuknya antibodi atau kekebalan pada tubuh. Ketika Virus Corona atau Sars-CoV-2 masuk, tetap akan dilawan dengan antibodi. Namun, bukan jaminan kita tidak terpapar Virus Corona sama sekali setelah menerima vaksin.

"Vaksinasi COVID-19 buat tubuh hanya untuk terbentuknya imunitas yang lebih baik, sehingga kalau kita terkena (Virus Corona) bisa membunuh lebih cepat si virusnya," kata Budi Gunadi.

"Jadi, masih banyak teman-teman epidemiolog lebih menyarankan, sebaiknya jangan dulu (memberlakukan sertifikat vaksinasi COVID-19 untuk syarat bebas terbang)," Budi menekankan.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 4 halaman

Soal Sertifikat Vaksinasi COVID-19 Akan Dibicarakan Lagi

Mengenai sertifikat vaksinasi COVID-19 untuk syarat bebas terbang, Budi Gunadi Sadikin sampaikan, akan dibicarakan lagi dengan para pakar dan epidemiolog.

Penggunaan sertifikat mungkin bisa dilakukan tatkala Indonesia sudah mencapai target vaksinasi dengan sebagian besar jumlah penduduk.

"Hal ini bisa kita bicarakan kalau sudah banyak yang divaksin. Kalau Saya lihat Centers for Disease Control and Prevention (CDC), bila vaksinasi COVID-19 sudah menembus 30-40 persen dari target populasi penduduk, mulai ada pelonggaran sisi protokol kesehatan di Amerika Serikat," ujarnya.

"Nanti kita bisa belajar dari AS juga, kalau Indonesia sudah menyentuh (vaksinasi COVID-19) di angka 30-40 persen populasi. Sekarang ini, kita masih 10 persen dari target yang kita lakukan."

3 dari 4 halaman

Infografis 6 Cara Hindari Covid-19 Saat Bepergian dengan Pesawat

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Menarik Berikut Ini: