Sukses

Rekreasi Mental Pasien COVID-19 Mempercepat Kesembuhan

Laksamana Pertama TNI dr. I Dewa Gede Nalendra DI, Sp.B., Sp. BTKV, Kepala Rumah Sakit Lapangan Indrapura Surabaya. Mengungkapkan upaya untuk mewujudkan rekreasi mental bagi tenaga kesehatan dan pasien COVID-19 di Rumah Sakit Lapangan Indrapura.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar baik datang dari Rumah Sakit Lapangan Surabaya. Terjadi penurunan angka pasien COVID-19 yang dirawat di sana hingga sepertiga bagian dari biasanya. Pada awal Maret 2021 ini, tinggal 100 pasien yang dirawat seperti diungkapkan Laksamana Pertama TNI dr. I Dewa Gede Nalendra DI, Sp.B., Sp. BTKV, Kepala Rumah Sakit Lapangan Indrapura Surabaya.

Selain pengobatan pada mereka yang bergejala, para pasien COVID-19 di RS Lapangan Indrapura Surabaya juga memiliki banyak hiburan. Lewat konsep ‘Be Happy’, Nalendra berharap agar suasana hati yang senang akan membantu pembentukan antibodi dan imunitas tubuh pasien yang dirawat di sana. 

"Konsep kita yang diterapkan dari awal adalah be happy. Memberikan suasana senang bagi pasien supaya cepat terbangun antibodi dan imunitas tubuh," ucap dia.

Ada pula pendampingan relawan bagi pasien untuk menangani faktor non medis, baik kesehatan lingkungan, psikologi, ekonomi, dan sosial masyarakat.

Kehadiran hiburan ini sangat penting untuk meningkatkan imunitas tubuh, karena hiburan dapat mengurangi dan menghilangkan stres pada pasien. Padahal, stres sangat mempengaruhi imun dalam tubuh.

“Jika terjadi peningkatan stres pada seseorang berarti terjadi peningkatan hormon kortisol dan epinefrin yang dapat menurunkan imunitas tubuh. Dengan adanya hiburan, pasien dapat mengurangi stresnya, membuat suasana hati lebih baik, sehingga imunitas tubuh dapat lebih terjaga dan meningkat. Juga dapat mempercepat kesembuhan pasien,” kata Nalendra dalam talkshow 'Mewujudkan Rekreasi Mental bagi Nakes dan Pasien COVID-19 yang diselenggarakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kegiatan Rekreasi Mental Sudah Terjadwal

Kegiatan rekreasi mental di Rumah Sakit Lapangan Indrapura Surabaya sudah terjadwal. Mulai pagi hari mereka semua senam kemudian dilanjutkan dengan kegiatan lain yang bisa dipilih.

Pihak rumah sakit telah menyiapkan banyak fasilitas penunjang rekreasi mental, seperti konsultasi psikologi, nasihat membangun, fasilitas karaoke, perpustakaan, dan gimnasium. Juga dilakukan pula pengukuran kandungan gizi pada makanan, hal ini juga mampu meningkatkan imunitas tubuh.

Salah satu hal menarik di RS Lapangan Indrapura adalah Kafe Mandiri. “Mereka diperbolehkan beraktivitas di kafe hingga malam hari, tetapi kami batasi waktu jam malam supaya mereka tidur cukup 8 jam sehari,” ujar Nalendra.

 

 

 

Penulis: Rissa Sugiarti

3 dari 3 halaman

Infografis Tips Menjaga Kesehatan Mental Saat Pandemi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.