Sukses

Doni Monardo Ibaratkan Tracing COVID-19 Seperti Menangkap Harimau di Luar Kandang

Liputan6.com, Jakarta Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Doni Monardomengibaratkan pelacakan kontak (tracing) COVID-19 seperti menangkap harimau di luar kandang. Analogi ini ia sampaikan sebagaimana pernyataan Kepala Laboratorium Universitas Andalas Andani Eka Putra.

Peran pelacak kontak (tracer) menemukan kasus kontak erat yang positif COVID-19 menjadi tugas penting. Agar kasus positif COVID-19 hasil tracing dapat ditemukan sejak dini, sehingga ditangani lebih cepat. Upaya ini juga mencegah penularan virus Corona kepada orang lain.

"Saya mengibaratkan, kalau pemeriksaan (testing) itu ada yang positif adalah seperti menangkap harimau. Nah, bagaimana dengan harimau yang berada di luar kandang?" ucap Doni saat Rapat Koordinasi Satgas Nasional pada Minggu, 28 Februari 2021.

"Nantinya diharapkan (tracing) menemukan sekaligus menangkap harimau yang di luar kandang. Lantas memasukkannya ke kandang agar tidak membahayakan yang lainnya. Saya kutip (analogi) ini dari penjelasan dokter Andani, beliau Kepala Laboratorium Universitas Andalas."

Di mata Doni, Andani termasuk salah satu kepala laboratorium yang sangat agresif melakukan tracing. Ketika kasus positif COVID-19 hasil tracing ditemukan, upaya isolasi mandiri dan karantina dapat dilakukan. Terlebih lagi bagi mereka yang tanpa gejala (Orang Tanpa Gejala/OTG).

"Apa yang sudah dilakukan dokter Andani ini bisa dijadikan sebagai pola kerja kita. Agar mereka yang positif COVID-19 bisa dilakukan karantina. Kenapa demikian? Karena saat ini 85 persen positif masuk kategori OTG," jelas Doni Monardo.

"Orang-orang yang tanpa gejala bisa sangat membahayakan orang-orang di sekitarnya. Apalagi kalau di sekelilingnya ada lansia yang usianya sudah di atas 60 tahun. Para lansia yang juga harus kita lindungi dari OTG."

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

 

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

2 dari 3 halaman

Infografis 3 Manfaat Tracing Putus Rantai Penularan Covid-19

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Menarik Berikut Ini: