Sukses

Vaksinasi Tahap II, Pedagang Pasar Ramai-Ramai Suntik Vaksin COVID-19

Liputan6.com, Jakarta - Vaksinasi terhadap ribuan pedagang di Pasar Tanah Abang pada 17 Februari 2021 menandai dimulainya program vaksinasi COVID-19 tahap kedua di Indonesia. Kurang lebih sejak pukul 08.00 WIB, vaksinasi sudah mulai dilaksanakan pada beberapa pedagang di Pasar Tanah Abang, Jakarta.

Vaksinasi bagi para pedagang ini dilakukan di dua titik, yakni di Blok A lantai 8 dan lantai 12. Lokasi vaksinasi di lantai 8 ditujukan bagi para pedagang Pasar Tanah Abang, sementara vaksinasi di lantai 12 diperuntukkan bagi pegawai PD Pasar Jaya.

Vaksinasi kali ini menyasar 1.500 orang. Sebelumnya, calon penerima vaksin sudah melakukan pendaftaran dan sudah diberi sosialisasi.

Pegawai publik dan pedagang di Pasar Tanah Abang sendiri dijadikan salah satu prioritas penerima vaksin karena memiliki interaksi yang tinggi dengan masyarakat.

 

Sebelumnya, Plt. Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dr.dr. Maxi Rein Rondonuwu, DHSM. MARS mengatakan bahwa pendataan sasaran diperoleh dari BPJS kesehatan, Dukcapil, dan koordinasi melalui kementerian atau lembaga terkait.

 

Ia juga mengimbau masyarakat agar tidak takut menerima vaksinasi karena manfaatnya lebih tinggi ketimbang risikonya.

“Dari sisi keamanan terbukti bahwa vaksinasi lebih besar manfaatnya ketimbang risikonya, dapat kita lihat bahwa sampai saat ini hampir tidak ada efek samping yang serius,” kata Maxi dalam konferensi pers Kementerian Kesehatan, Senin (15/2/2021).