Sukses

5 Kiat Redakan Batuk Saat Musim Hujan

Memasuki musim hujan saat ini, kita diimbau untuk menjaga kesehatan tubuh. walaupun musim hujan, terkadang cuaca bisa berganti dengan cepat. Dari hujan ke cuaca panas terik. Pergantian itu dikenal dengan pancaroba.

Liputan6.com, Jakarta Memasuki musim hujan saat ini, kita diimbau untuk menjaga kesehatan tubuh. walaupun musim hujan, terkadang cuaca bisa berganti dengan cepat. Dari hujan ke cuaca panas terik. Pergantian itu dikenal dengan pancaroba.

Mungkin beberapa orang langsung merasa tidak enak badan, bahkan sampai batuk ketika pancaroba. Untuk itu, penting untuk menjaga kesehatan dan mengetahui cara cepat mengobati batuk. Dikutip dari berbagai sumber, berikut langkah tepat untuk mengobati batuk saat Anda di rumah.

Minum air putih

Salah satu cara cepat agar mengobati batuk ialah dengan meminum air putih secara rutin. Hal itu mampu membantu mengencerkan dahak pada tenggorokan. Lebih baik, minum air putih secara hangat. Atau kamu bisa meminum air teh hangat. Kamu juga mencampurkanya dengan madu.

Konsumsi permen

Kini, sudah banyak permen pelega tenggorokan yang dapat menurunkan reflex batuk. Kamu juga bisa memakan permen itu dengan minuman teh hangat.

Mandi air hangat dan terapi

Kamu bisa mandi air hangat saat batuk melanda kamu. Selain itu, kamu bisa mencoba terapi air hangat yang dapat membantu mengencerkan saluran nafas terutama hidung.

Jauhkan bahan kimia

Saat batuk, kamu perlu menghindari bahan kimia iritan. Bahan tersebut merupakan bahan yang karena reaksi kimia dapat menimbulkan kerusakan atau peradangan. Biasanya, iritan terdapat pada pengharum ruangan atau asap rokok.

Minum obat batuk

Cara cepat dalam mengobati batuk ialah dengan meminum obat batuk yang tepat. Namun, jangan sampai sembarang minum obat tersebut. pilihlah obat batuk yang fokus mengobati batuk dengan tepat sasaran yang biasa dikenal dengan OTC drugs.

 

(*)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini