Sukses

3 Obat Tradisional Rekomendasi Kementerian Kesehatan

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui surat edaran nomor: HK.02.02/IV.2243/2020 menjelaskan tentang pemanfaatan obat tradisional untuk perawatan kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui surat edaran nomor: HK.02.02/IV.2243/2020 menjelaskan tentang pemanfaatan obat tradisional untuk perawatan kesehatan.

Dalam surat tersebut Kemenkes merekomendasikan 3 jenis ramuan herbal yakni:

Ramuan 1

Bahan

-Jahe merah : 2 ruas jari.

-Jeruk nipis : 1 buah.

-Kayu manis : 3 jari.

-Gula merah : secukupnya.

-Air : 3 cangkir.

Cara Pembuatan

Cuci bersih semua bahan dengan air mengalir dan geprek jahe merah. Rebus air sehingga mengeluarkan banyak uap.

Setelah itu, kecilkan api dan rebus semua bahan yang sudah disiapkan bersama dengan gula merah selama 15 menit kemudian saring dalam keadaan dingin.

Jahe merah dalam ramuan ini berfungsi sebagai antioksidan, mencegah radang usus dan menjaga kesehatan pencernaan. Ramuan diminum 1 kali sehari sebanyak satu setengah cangkir.

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ramuan 2

Bahan

-Kunyit : 1 ruas ibu jari.

-Lengkuas : 1 ruas ibu jari.

-Jeruk nipis : 1 buah.

-Air : 3 cangkir.

-Gula merah : secukupnya.

Cara Pembuatan

Cuci bersih semua bahan dengan air mengalir. Kemudian, geprek kunyit dan lengkuas. Setelah itu, rebus air hingga mendidih.

Setelah mendidih, kecilkan api dan masukkan semua bahan, tunggu hingga air berkurang setengahnya kemudian matikan kompor. Sebelum diminum, ramuan dapat disaring dalam keadaan dingin.

Ramuan ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh, mengingat kunyit mengandung zat kurkumin yang juga bisa mengobati radang, mengurangi rasa mual, dan mengatasi perut kembung. Ramuan diminum 1 kali sehari sebanyak satu setengah cangkir.

3 dari 4 halaman

Ramuan 3

Bahan

-Pegagan : 1 ruas ibu jari.

-Jahe merah: 1 ruas ibu jari.

-Temulawak : 1 buah.

-Air : 3 gelas.

-Gula aren : secukupnya

Cara pembuatan

Pegagan dicuci sampai bersih dengan air mengalir, kemudian rebus air sampai mendidih. Setelah mendidih kecilkan api dan masukkan pegagan yang sudah disiapkan.

Tunggu sampai air tersisa kira-kira 2 gelas. Jika ramuan sudah dingin dapat disaring dan ditambahkan perasan jeruk nipis.

Pegagan dalam ramuan ini memiliki manfaat mengurangi kecemasan, meringankan insomnia, meredakan nyeri sendi, dan meningkatkan fungsi kognitif. Ramuan ini dapat diminum 2 kali sehari sebanyak 1 gelas.

4 dari 4 halaman

Infografis 4 Alur Meja Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.