Sukses

Terkuak Alasan Terpilihnya Raffi Ahmad Jalani Vaksinasi COVID-19 Bareng Jokowi

Liputan6.com, Jakarta - Raffi Ahmad jadi satu-satunya sosok dari kalangan selebritis yang menjalani vaksinasi COVID-19 perdana bareng Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo atau Jokowi, pada Rabu pagi, 13 Januari 2021.

Seketika nama Raffi Ahmad bertengger di urutan kedua trending topik Twitter setelah tanda pagar (tagar) #JokowiDivaksin. Terdapat 8.306 kicauan terkait suami Nagita Slavina tersebut.

Salah satu warganet yang mengomentari Raffi Ahmad menerima vaksin COVID-19 bersama orang nomor satu di republik ini adalah akun @Pashatama.

"Kalau kita (karena gw juga) tidak merasa akan ter-influence oleh Raffi Ahmad, jangan lupa ada jutaan orang lain yang akan akan ter-influence olehnya. Indonesia ini isinya bukan cuma kita dan temen-temen kita aja," tulis @Pashatama pada Rabu siang, 13 Januari 2021, pukul 11.03 WIB.

Kicauan tersebut pun dibagikan (retweets) 1,6 ribu akun dan disukai (likes) 3,5 ribu akun.

Saat hal terkait keberadaan Raffi Ahmad ditanyakan, Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dr Siti Nadia Tarmizi MEpid, mengatakan, sejumlah sosok yang menjalani vaksinasi COVID-19 perdana pada hari ini merupakan perwakilan-perwakilan unsur masyarakat.

"Begini, sasaran utama memang nakes (tenaga kesehatan). Ini kan penyuntikan pertama, jadi, yang divaksin itu adalah perwakilan-perwakilan unsur masyarakat," kata Nadia saat dihubungi Health Liputan6.com melalui sambungan telepon.

"Ada Ketua IDI, pemuka agama, pedagang, dan Raffi Ahmad," Nadia menambahkan.

 

2 dari 3 halaman

Keberadaan Raffi Ahmad

Perwakilan pedagang yang turut menjadi peserta vaksinasi COVID-19 bersama Jokowi adalah Ibu Narti.

"Beliau mewakili pedagang pasar. Pedagang pasar itu orang yang berisiko. Mereka melakukan aktivitas ekonomi," ujarnya.

"Pemuka agama, jelas, mereka adalah simbol keteladanan bahwa di masa seperti ini semua agama bisa menerima vaksin tersebut," Nadia melanjutkan.

Terkait keberadaan Raffi Ahmad, tambah Nadia, sebenarnya tidak ada yang spesial.

Menurut Nadia, pada prinsipnya Raffi Ahmad mewakili kaum milenial dan anak muda. Meningat tidak sedikit anak muda yang masih tidak percaya akan adanya COVID-19 dan vaksin COVID-19 itu sendiri.

"Influencer sebenarnya. Menjadikan dia nantinya sebagai influencer di masyarakat. Kebetulan saja dia artis, tapi pada dasarnya dia mewakili kawula muda, golongan muda," kata Nadia.

"Lagipula itu kan banyak perwakilan. Tidak hanya Raffi Ahmad. Ada juga perwakilan dari kalangan pengusaha," Nadia menekankan.

3 dari 3 halaman

Simak Video Berikut Ini