Sukses

Jokowi hingga Raffi Ahmad, Berikut Daftar Nama Penerima Vaksin Sinovac Pagi Ini

Liputan6.com, Jakarta - Vaksinasi COVID-19 perdana yang dimulai dengan menyuntikan vaksin Sinovac kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah selesai dilaksanakan sekitar pukul 11.11 WIB.

Dalam kurun waktu 1 jam 30 menit, pelaksanaan vaksinasi COVID-19 terpantau berjalan lancar.

Dalam tayangan Vaksinasi COVID-19 Perdana yang disiarkan secara langsung di Kanal Youtube Sekretariat Presiden, sejumlah nama pun menerima suntikan vaksin COVID-19 bareng Jokowi.

Jokowi menerima dosis pertama vaksin Sinovac pada pukul 09.33 WIB. Ada pun yang menyuntikan vaksin COVID-19 ke lengan kiri Jokowi adalah Wakil Ketua Tim Dokter Kepresidenan, Profesor Abdul Muthalib.

Dengan mengenakan kemeja putih, Jokowi terlihat santai saat hendak divaksinasi. Sesudah disuntik vaksin COVID-19, Jokowi, mengatakan,"Tidak terasa sama sekali.".

Selain menjadi orang pertama di Indonesia, Jokowi juga menjadi presiden pertama di dunia yang disuntik Vaksin COVID-19 Sinovac dari China. 

 

2 dari 5 halaman

Ketua IDI Jadi Penerima Vaksin COVID-19 Sinovac Bersama Jokowi

Sesudah Presiden Jokowi, orang kedua yang menerima suntikan vaksin COVID-19 adalah Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dr Daeng M Faqih. 

Sebelum menjalani vaksinasi COVID-19, Daeng menyatakan bahwa vaksin Sinovac telah melewati serangkaian uji klinik dan Badan Pengawasan Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI) sudah menyatakan efikasinya yang mencapai 65,3 persen sehingga aman untuk diberikan.

"Saya sampaikan, khususnya kepada tenaga kesehatan di seluruh indonesia dan masyarakat pada umumnya. Penilaian vaksin COVID-19 Sinovac sudah dilakukan oleh otoritas yang melakukan penilaian, yaitu Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Majelis Ulama Indonesia," ujar Daeng.

"Alhamdulillah hari Senin, 11 Januari 2021 kemari sudah didapat bahwa vaksin ini dinyatakan aman, efektif dan juga mutu berkhasiat. Sekaligus dinyatakan halal. Oleh karena itu, Bismillah mulai hari ini kita bersama-sama melaksanakan vaksinasi," Daeng menambahkan.

 

3 dari 5 halaman

Nama-Nama Penerima Vaksin COVID-19

Berikut nama-nama yang menerima vaksin COVID-19 pada hari ini:

1. Presiden

2. dr. Daeng M. Faqih (Ketua IDI)

3. Dr. H. Amiesyah Tambunan (Sekjen MUI/Muhammadiyah)

4. Kiai Ishom PP NU

5. Panglima TNI

6. Kapolri

7. Rafi Ahmad (Perwakilan Anak Muda)

Aktor dan presenter Raffi Ahmad menjadi perwakilan masyarakat dan anak muda dari dunia hiburan yang menjalani vaksinasi COVID-19. Suami Nagita Slavina menerima vaksin Sinovac bersamaan dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Kepresidenan pada Rabu, 13 Januari 2021.

Dengan mengenakan kemeja batik bernuansa merah, Raffi Ahmad melakukan tes tekanan darah terlebih dahulu sebelum disuntik vaksin COVID-19.

Raffi Ahmad bahkan sempat mengacungkan jempol ke arah kamera sebelum vaksinasi COVID-19 dilakukan.

Tak sampai 10 menit, Raffi Ahmad telah selesai divaksinasi COVID-19. Dia kemudian diminta menunggu selama 30 menit untuk monitoring.

Menurut Juru Bicara Satuan Tugas COVID-19 dr. Reisa Brotoasmoro, vaksinasi yang dilakukan pada Raffi Ahmad diharapkan menjadi contoh baik bagi masyarakat terutama para pemuda agar tidak takut divaksinasi.

“Kebersediaan Raffi Ahmad menerima vaksin COVID-19 ini semoga turut memperlancar program vaksinasi nasional,” ujar Reisa.

 

4 dari 5 halaman

Nama-Nama Lainnya

8. Budi G. Sadikin (Menkes)

9. Prof Dr Unifah Risyidi (PGRI)

10. Ronal Tapilatu (PGI)

11. Agustinus Heri (KWI)

12. I Nyoman Suarthanu (PHDI)

13. Partono Bhikkhu N. M (Permabudhi)

14. Peter Lesmana (Matakin)

15. Penny Kusumastuti Kepala BPOM

16. Rosan Perkasa (Perewakilan Pengusaha)

17. Ade Zubaedah, Sekjen Ikatan Bidan Indonesia

"Alhamdulillah sudah dilakukan penyutikan vaksin. Saya mewakili Ikatan Bidan Indonesia mendapatkan kesempatan pertama untuk mendapat vaksinasi COVID-19," kata Zubaedah.

"Mudah-mudahan ini menjadi motivasi semua bidan untuk bisa siap divaksin. Untuk mengawal generasi unggul. Untuk seluruh masyarakat Indonesia, jangan takut untuk divaksin," Zubaedah menambahkan.

18. Nur Fauzah ( Perawat)

19. Lusy Noviani (Apoteker)

20. Agustini Setiyorini (Buruh)

21. Ibu Narti (Pedagang)

22. Dr Reisa Brotoasmoro (Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 di Indonesia)

23. Prof Wiku Adisasmito (Juru Bicara Satuan Tugas COVID-19 di Indonesia)

5 dari 5 halaman

Simak Video Berikut Ini