Sukses

Menkes Budi Gunadi: Vaksinasi COVID-19 untuk 181 Juta Orang Bisa Selesai 8 Bulan

Menkes Budi Gunadi menyebut vaksinasi COVID-19 untuk 181 juta orang bisa selesai dalam waktu 8 bulan.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menyebut vaksinasi COVID-19 untuk 181 juta orang bisa selesai dalam waktu 8 bulan. Perhitungan tersebut berdasarkan jumlah vaksinator--petugas penyuntik vaksin--yang tersebar di seluruh fasilitas kesehatan.

Perhitungan awal, vaksinasi COVID-19 untuk 181 juta masyarakat Indonesia memerlukan waktu sekitar 15 bulan. Namun, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap vaksinasi bisa dilakukan lebih cepat dalam 12 bulan.

Budi pun melakukan perhitungan kembali, yang memperhitungan kapasitas rumah sakit, puskesmas, serta klinik yang bisa melakukan vaksinasi.

"Untuk kapasitas vaksinasi, kami melakukan berbagai macam cara perhitungan. Kalau dihitung-hitung, kapasitas suntik kecil bisa 100 suntikan perhari, sedangkan kapasitas suntikan besar bisa 300 suntikan per hari," terang Budi di Gedung KPK Jakarta, ditulis Senin (11/1/2021).

"Artinya, 32 juta suntikan per bulan. Jadi, kalau menyuntik 181 juta orang, ya 6-7 bulan selesai."

Selain itu, Menkes Budi mencoba berhitung dari sisi jumlah vaksinator. Jumlah vaksinator sebesar 32.000 orang.

"Ambillah 30.000 orang gitu ya, ini sedang dalam proses dilantik. Masing-masing vaksinator bisa menyuntik 30-40 orang," lanjutnya.

 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

27 Juta Orang per Bulan, 8 Bulan Vaksinasi COVID-19 Selesai

Melihat jumlah vaksinator dan penyuntikan, Budi menghitung, masing-masing vaksinator bisa menyuntik vaksin Corona itu 30 orang per hari.

"Jadi, 30 orang yang disuntik dikali 30.000 vaksinator per hari. Maka, total 900.000 orang yang disuntik per hari atau 27 juta orang per bulan," katanya.

"Kalau butuh 181 juta orang yang disuntik, seharusnya dalam waktu 8 bulan sudah selesai."

Di sisi lain, Budi mengapresiasi kapasitas rumah sakit, puskesmas, dan posyandu yang sudah dimiliki Indonesia. Indonesia memiliki layanan kesehatan yang baik untuk mendukung program vaksinasi.

"Sekarang, (yang dipikirkan) tinggal jumlah vaksin Corona saja. Yang harus kami lakukan adalah bernegosiasi supaya jumlah vaksin datang lebih cepat," pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Infografis Siap-Siap Vaksinasi Covid-19 Pertengahan Januari 2021

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.