Sukses

Menko Airlangga: Vaksinasi COVID-19 Tunggu Izin Darurat dari BPOM

Vaksinasi COVID-19 masih menunggu pemberian EUA dari BPOM.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa vaksinasi COVID-19 bakal segera digelar pada pertengahan Januari 2020.

"Pemerintah akan segera memulai vaksinasi COVID-19 yang dijadwalkan pertengahan bulan atau minggu depan," kata Airlangga dalam konferensi pers daring di Jakarta, Senin, 4 Januari 2021.

Tentu saja, kata Airlangga, vaksinasi COVID-19 bakal dilakukan setelah Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI) memberikan Emergency Use of Authorization (EUA) atau penggunaan kedaruratan pada vaksin Corona dari Sinovac.

Tak ketinggalan, menunggu juga mengenai kehalalan vaksin tersebut, Airlangga menekankan.

Airlangga mengungkapkan bahwa BPOM akan menggunakan data-data ilmiah dari hasil uji klinis vaksin COVID-19 Sinovac baik di dalam negeri maupun negara lain.

"Data-data yang digunakan dari Turki, data Bandung, dan data saintifik dari Brasil. Serta data-data dari Sinovac sendiri," ujarnya.

Bila sesuai rencana, vaksinasi COVID-19 pertama bakal pada tenaga kesehatan. Kelompok masyarakat ini yang paling berisiko tertular Virus Corona terlebih saat ini kasus aktif COVID-19 di Indonesia lebih dari 100 ribu.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Persiapkan Vaksin COVID-19 Selain Sinovac

Tak hanya mempersipakan vaksin COVID-19 Sinovac, kebutuhan vaksin yang besar di Indonesia membuat pemerintah bekerja keras untuk mendapatkan vaksin lain. Saat ini, kata Airlangga, pemerintah mempersiapkan pengadaan vaksin AstraZeneca, Novavax, hingga Pfizer.

Memang vaksinasi COVID-19 sudah di depan mata tapi bukan berarti masyarakat lengah pada protokol kesehatan. Maka dari itu, Airlangga mengingatkan masyarakat untuk tetap menjaga jarak, mencuci tangan, dan memakai masker dengan disiplin.

"Meskipun nanti sudah ada vaksin tetap membutuhkan peningkatkan disiplin 3M dari masyarakat," Airlangga menegaskan.

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini