Sukses

Ilmuwan Temukan Bakteri Usus yang Membantu Melawan Efek Obesitas

Studi baru yang diterbitkan pada hari Jumat oleh APC Microbiome Irlandia SFI Research Center, menyelidiki apakah bakteri usus Bifidobacterium longum APC1472 memiliki efek anti-obesitas pada diet tinggi lemak.

Liputan6.com, Jakarta Para ilmuwan di Irlandia yakin mereka menemukan bakteri yang dapat melawan efek obesitas. Bifidobacterium longum APC1472 pada tikus dan manusia tampaknya memberi dampak terhadap berat badan.

Studi baru yang diterbitkan pada hari Jumat oleh APC Microbiome Irlandia SFI Research Center, menyelidiki apakah bakteri usus Bifidobacterium longum APC1472 memiliki efek anti-obesitas pada diet tinggi lemak.

Bakteri B. longum APC1472 diberikan kepada 6 tikus yang diberi makan diet tinggi lemak melalui air minum selama 16 minggu dan jumlah partisipan manusia yang tidak ditentukan selama 12 minggu.

Para peneliti menemukan bakteri tersebut berhubungan dengan penurunan berat badan, pengakumulasian depot lemak, dan peningkatan toleransi glukosa pada tikus, tanpa mengubah batas Body Mass Index (BMI) sehatnya.

Meskipun partisipan manusia tidak mengalami perubahan dalam penampilan mereka, para peneliti menemukan bahwa B. longum APC1472 memiliki efek positif pada hasil sekunder dari kadar glukosa darah puasa. Dengan kata lain, bakteri tersebut diduga menjanjikan jika dikonsumsi sebagai suplemen untuk mengurangi tanda-gejala penderita obesitas tertentu, seperti kadar gula darah tinggi di pagi hari.

 

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pentingnya suplemen probiotik

Tren lain yang diamati para peneliti pada partisipan manusia obesitas yang diberi B. longum APC1472 termasuk berkurangnya respons kebangkitan kortisol, tingkat hormon stres yang dialami seseorang saat bangun, serta berkurangnya sekresi hormon kelaparan ghrelin, yang secara alami membatasi nafsu makan.

Penulis studi tersebut, Profesor John Cryan, mengatakan, "Studi ini adalah upaya tim dalam memberikan bukti penting bahwa suplementasi probiotik memang dapat berguna dalam memerangi obesitas. Selain itu, temuan ini memperkuat konsep hubungan antara mikrobioma usus, penyakit metabolisme, dan kesehatan mental, yang merupakan area penelitian yang tengah berkembang."

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), terdapat lebih dari 1,9 miliar orang dewasa memiliki kelebihan berat badan pada tahun 2016, terakhir kali badan kesehatan global merilis data tentang topik tersebut.

3 dari 3 halaman

Infografis Obesitas

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.