Sukses

Jadi Menkes, Tugas Budi Gunadi Sadikin Selesaikan Masalah Pandemi COVID-19

Budi Gunadi Sadikin, Calon Menkes yang baru ditunjuk Jokowi, mengatakan bahwa tugas yang ia emban salah satunya adalah menangani pandemi COVID-19

Liputan6.com, Jakarta Calon Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa salah satu tugas yang ia emban sebagai menkes nantinya adalah menyelesaikan masalah akibat pandemi COVID-19.

"Kami ditugasi salah satunya adalah untuk mengatasi masalah yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 ini," kata Budi Gunadi Sadikin dalam keterangan persnya di Istana Merdeka pada Selasa (22/12/2020).

Budi mengatakan, apabila pandemi COVID-19 bisa ditangani, diharapkan masyarakat bisa kembali ke kehidupan yang normal.

"Sehingga semua anak-anak kita bisa segera kembali sekolah, belajar bertemu dengan guru-gurunya," kata Budi.

"Agar semua pengusaha-pengusaha UKM bisa membuka toko-tokonya, dan kembali berdagang seperti biasa, dan agar semua pekerja, bisa kembali ke kantornya dan memulai hidup yang normal."

Selain itu, ia juga ingin melihat agar keluarga dapat kembali bersilaturahmi dengan teman-teman dan anggota keluarga lainnya. 

"Kami tidak mungkin melakukannya sendiri, kami harus melakukannya bersama-sama," kata Budi Gunadi.

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Membangun Sistem Layanan Kesehatan Publik

Dalam menangani pandemi, Lulusan Fisika Nuklir ITB ini mengatakan Kementerian Kesehatan tidak bisa melakukannya sendirian.

"Kita harus melakukannya secara inklusif. Dan kami percaya tidak cukup pemerintah membuat program-program pemerintah sendiri, tetapi ini harus merupakan suatu gerakan yang dilakukan bersama-sama dengan seluruh rakyat Indonesia."

Budi mengatakan, apabila seluruh komponen bangsa bekerja sama, maka sistem layanan kesehatan publik yang kuat dan siap untuk menghadapi pandemi virus corona bisa dibangun.

"Dan kita juga bisa mempersiapkan, sistem layanan kesehatan publik yang siap, kuat, mumpuni, agar generasi sesudah kita, bisa menghadapi SARS-CoV-3 atau SARS-CoV-4 yang kita tidak tahu kapan datangnya."

3 dari 3 halaman

Infografis 3M Turunkan Risiko Covid-19 Berapa Persen?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.