Sukses

Doni Monardo Apresiasi Mobile Lab BSL-2 Tipe Bus untuk Percepat 3T di Daerah

Doni Monardo mengapresiasi kehadiran mobile Lab BSL-2 tipe bus untuk percepatan 3T di daerah.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Doni Monardo mengapresiasi kehadiran Mobile Lab Bio Safety Level 2 (BSL-2) tipe bus untuk percepatan 3T (testing, tracing, treatment) di daerah. Hasil inovasi karya anak bangsa tersebut diluncurkan oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Hadirnya mobile lab BSL-2 untuk membantu 3T dapat mengurangi ketergantungan terhadap jenis produk dari luar negeri. Hal itu sekaligus menjadi solusi yang lebih efektif dan efisien.

"Tentu kita harus mendukung program-program inovasi ini agar tidak selalu tergantung dari produk-produk yang didatangkan dari luar negeri," kata Doni saat pelepasan mobile lab BSL-2 di Graha BNPB, Jakarta, ditulis Jumat (18/12/2020).

Doni juga menilai, adanya bus laboratorium bisa mengurangi permasalahan yang ada di daerah, khususnya pemenuhan kapasitas uji sampel sesuai standar Kementerian Kesehatan dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Salah satu upaya untuk mengurangi kesulitan-kesulitan yang ada di daerah. Karena tidak semua lab di daerah memiliki standar yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan," lanjut Doni.

Mobile lab BSL-2 sebagai salah satu hasil inovasi dari Peneliti dan Perekayasa BPPT juga dapat membantu peningkatan kapasitas uji sampel spesimen COVID-19 di daerah, sehingga prosesnya dapat lebih dipercepat, dipersingkat, dan lebih akurat.

 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Percepat Pemeriksaan Spesimen COVID-19

Doni berharap peluncuran mobile lab BSL-2 yang mengusung tipe bus dapat mempercepat upaya pemeriksaan spesimen, sehingga penanganan COVID-19 dapat lebih baik.

"Ini adalah jawaban untuk menutupi kekuarangan yang ada di daerah. Mudah-mudahan, kehadiran mobile lab BSL-2 bisa  mempercepat proses pemeriksaan spesimen," tutup Doni sebagaimana keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com.

Usai diberangkatkan, mobile lab BSL-2 varian bus tersebut akan melakukan roadshow ke Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Dinas Kesehatan Denpasar di Bali, dan Ponpes Darul Ulum Jombang di Jawa Timur. Mobile lab untuk membantu pengujian sampel COVID-19.

Mobile direncanakan kembali ke BPPT pada 29 Desember 2020.

Sebelumnya, BPPT telah meluncurkan inovasi mobile lab BSL-2 varian kontainer/trailer, yang dapat dipindah-operasikan ke berbagai daerah. Mobile lab varian kontainer telah beroperasi di beberapa tempat di Indonesia, seperti Jakarta Timur Plaju Palembang, dan Medan, Sumatera Utara.

3 dari 3 halaman

Infografis Tes Antobodi vs Tes Antigen

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.