Sukses

Jokowi: Vaksin COVID-19 untuk Masyarakat Indonesia Gratis

Jokowi memastikan bahwa seluruh masyarakat Indonesia akan mendapatkan vaksin COVID-19 atau vaksin Corona secara gratis

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo atau Jokowi mengumumkan bahwa vaksin COVID-19 untuk masyarakat adalah gratis.

"Jadi, setelah menerima banyak masukan dari masyarakat dan setelah melakukan kalkulasi ulang, perhitungan ulang mengenai keuangan negara, dapat saya sampaikan bahwa vaksin COVID-19 untuk masyarakat adalah gratis," kata Jokowi saat menyampaikan perkembangan vaksin Corona melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden pada Rabu siang, 16 Desember 2020.

Jokowi menekankan bahwa seluruh masyarakat Indonesia tidak akan dikenakan biaya sama sekali saat nantinya program vaksinasi COVID-19 dilaksanakan.

"Untuk itu saya instruksikan dan saya perintahkan kepada seluruh jajaran kabinet, kementerian, pemerintah daerah untuk memprioritaskan program vaksinasi pada tahun anggaran 2021," Jokowi melanjutkan.

Selanjutnya, Jokowi pun akan memerintahkan Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk merelokasikan dari anggaran lain terkait ketersediaan vaksin COVID-19 secara gratis.

"Sehingga tidak ada alasan untuk masyarakat untuk tidak mendapatkan vaksin," ujarnya.

Bahkan, Jokowi menegaskan siap menjadi penerima pertama vaksin COVID-19 guna memberikan kepercayaan kepada masyarakat bahwa vaksin yang digunakan adalah aman.

Simak Video Berikut Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.