Sukses

Jalani Pengobatan Paru, Warna Urine Pria di AS Ini Berubah Jadi Hijau

Ditengarai, warna urine pria itu berubah karena pengobatan yang diberikan kepadanya saat dirawat karena penyakit paru

Liputan6.com, Jakarta Seorang pria dilarikan ke rumah sakit di Chicago, Amerika Serikat karena kesulitan bernapas. Namun, pemeriksaan malah menemukan bahwa warna urine atau air kencing pasien tersebut berwarna hijau keruh.

Rupanya, warna urine pria 62 tahun itu berubah karena efek samping pengobatannya dan dianggap tidak berbahaya.

Mengutip Live Science pada Jumat (4/12/2020), pasien mengalami penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), dan dilarikan ke Weiss Memorial Hospital karena mengalami kesulitan bernapas selama dua hari.

Dalam laporan yang dimuat di New England Journal of Medicine pada 2 Desember lalu, pria itu memiliki kadar karbondioksida yang tinggi dalam darahnya.

Karena nyawanya terancam, pasien pun dirawat di unit perawatan intensif dengan bantuan ventilator, serta mendapatkan anestesi umum dengan propofol.

Lima hari kemudian, urine pasien lalu dikumpulkan dengan kantung dan ditemukan berwarna hijau. Rupanya, pengobatan tersebut yang membuat warna air kencing pasien menjadi hijau.

Para penulis studi mengatakan, propofol merupakan obat yang banyak digunakan dalam anestesi umum. Namun, dalam kasus yang jarang terjadi, hal itu dapat mengubah warna urine seseorang menjadi hijau.

 

 

 

 

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengaruh Pengobatan Tertentu

Untungnya, perubahan warna ini tidak berbahaya dan akan hilang ketika pengobatannya dihentikan.

Dalam laporannya, para dokter juga menulis warna urin pasien kembali normal setelah pengobatan selesai. Ia dirawat di rumah sakit selama dua pekan dan dapat kembali ke fasilitas rehabilitasi.

Tidak diketahui secara pasti bagaimana perubahan warna urine tersebut bisa terjadi.

Namun, menurut catatan kasus serupa pada 2015 di Journal of Clinical & Diagnostic Research, hal itu mungkin terjadi karena propofol, alih-alih dimetabolisme di hati, malah dieliminasi di ginjal.

Dikutip dari Mayo Clinic, ada beberapa penyebab lain yang dapat membuat warna urine berubah menjadi hijau atau bahkan biru. Salah satunya adalah pewarna makanan yang dapat mengubah warna air seni menjadi hijau.

Selain itu, pewarna yang digunakan dalam tes fungsi ginjal dan kandung kemih juga dapat membuat warna urine jadi biru.

Sejumlah pengobatan pun juga bisa membuat warna urine menjadi biru atau hijau, misalnya amitriptyline, indomethacin, dan propofol.

Kondisi medis tertentu, juga dapat menyebabkan warna urine seseorang menjadi biru atau hijau, salah satunya seperti infeksi saluran kemih yang disebabkan bakteri pseudomonas yang membuat urine berwarna hijau.

3 dari 3 halaman

Infografis 3 Keajaiban Cuci Tangan Saat Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.