Sukses

Positif COVID-19, Anies Baswedan: Penyakit Ini Bisa Menghampiri Siapa Saja, Mari Disiplin 3M

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengumumkan bahwa dirinya positif terinfeksi COVID-19. Anies pun mengatakan agar masyarakat tetap waspada dan disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan.

"Saya ingatkan sekali lagi kepada semua, bahwa COVID ini masih adadan bisa menghampiri siapa saja," kata Anies  Baswedan dalam keterangan di Instagram pribadinya, Selasa (1/12/2020).

Guna menurunkan risiko penularan COVID-19, Anies pun menekankan pentingnya menjalankan 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun)

"Mari kita lebih disiplin menggunakan masker, mencuci tangan secara rutin, mari kita menjaga jarak. Ikhtiar itu harus kita lakukan sama-sama untuk menjaga dari risiko penularan," sebutnya. 

Dalam video tersebut, Anies mengungkapkan kronologi dirinya positif terinfeksi COVID-19. Ia pun meminta agar yang melakukan kontak erat dengannya melakukan tes swab PCR.

"Saya mengatakan ini, agar yang berinteraksi dengan saya beberapa hari terkahir ini bisa langsung melakukan langkah, yg dbutuhkan seperti isolasi mandiri maupun tes usap (swab) PCR," kata Anies Baswedan dalam video keterangan yang diunggah di Instagram pribadinya pada Selasa, 1 Desember 2020.

Jika memang pernah kontak atau interaksi dengannya, Anies menyarankan untuk mendatangi puskesmas terdekat untuk menjalani tes usap PCR. Ini adalah tes standar emas dalam menegakkan status apakah seseorang terinfeksi COVID-19 atau tidak.

Anies juga menyebutkan bahwa Dinas Kesehatan DKI Jakarta bakal mendata semua orang yang pernah kontak erat dengannnya.

"Tim tracing dari Dinkes akan mendata, akan di-tracing semua kontak erat dan semua prosedur akan dijalankan," terang Anies Baswedan.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 4 halaman

Tak Bergejala

Anies Baswedan mengetahui dirinya terkonfirmasi COVID-19 lewat tes PCR yang hasilnya didapat pada Senin, 30 November 2020. Dia menegaskan kondisinya saat ini sehat, sehingga virus SARS-CoV-2 pada dirinya tak bergejala.

Anies akan menjalani isolasi mandiri serta menjalankan prosedur yang sudah ditetapkan tim medis. "Isolasi mandiri saya lakukan di rumah dinas. Saya tinggal di rumah dinas dan keluarga di rumah pribadi yang selama ini ditempati," katanya.

Selama menjalani isolasi mandiri, Anies akan tetap bekerja secara virtual. "Kepada seluruh warga doakan kami agar bisa cepat pulih kembali bekerja d Balaikota."

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Riza Patria terkonfirmasi COVID-19. Itulah sebabnya, Anies melakukan tes usap untuk mengetahui dirinya positif COVID-19 atau tidak.

3 dari 4 halaman

Infografis

4 dari 4 halaman

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini