Sukses

Minum Susu Bantu Tingkatkan Imunitas Tubuh di Kala Pandemi COVID-19

Ini penjelasan segelas susu baik dikonsumsi di saat pandemi COVID-19

Liputan6.com, Jakarta - Ahli Gizi Mayapada Hospital Kuningan, Christina Andhika Setyani SGz RD menjelaskan pentingnya minum segelas susu di masa pandemi COVID-19.

Menurut Christina, nutrisi punya peran penting dalam menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh. Imunitas yang baik sangat diperlukan sekarang ini.

Ada tiga jenis zat gizi yang berperan penting dalam menjaga imunitas tubuh, yaitu vitamin, mineral, dan protein.

Susu, kata Christina, mengandung protein. Dengan mengonsumsi susu dapat membantu meningkatkan kadar protein yang berguna meningkatkan kekebalan tubuh, serta mengganti sel-sel tubuh yang rusak akibat infeksi.

"Selain itu susu juga merupakan salah satu sumber protein yang saat ini mudah didapatkan dan praktis. Bisa dikonsumsi setiap saat," kata Christina saat berbincang dengan Health Liputan6.com belum lama ini.

Christina, menjelaskan, protein berperan dalam membentuk sel darah putih, antibodi, dan berbagai molekul imun serta membantu menjaga sistem kekebalan tubuh tetap berfungsi baik.

Selain susu sapi, protein terkandung di dalam tahu, tempe, dan kacang-kacangan yang biasa disebut sebagai protein nabati.

Protein hewai terdapat di ikan, daging, telur, dan susu sapi.

"Selain sumber protein, susu sapi juga mengandung vitamin dan mineral yang dapat membantu menyokong imunitas tubuh," katanya.

Namun, Christina menyayangkan tingkat konsumsi susu di Indonesia masih rendah bila dibandingkan dengan negara se-Asia Pasifik lainnya.

Menurut Christina, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), tingkat konsumsi susu masyarakat Indonesia pada 2019 masih berkisar 16,23 per kapita per tahun.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Simak Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Infografis COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.