Sukses

Waktu Terbaik Minum Susu Selama Puasa Ramadan

Minum susu selama puasa Ramadan pada waktu berikut.

Liputan6.com, Jakarta Selama puasa Ramadan, kita dapat rajin minum susu demi mendapatkan asupan gizi yang baik. Susu pun bermanfaat untuk mempertahankan daya tahan tubuh. Vitamin D pada susu membantu proses penyerapan zat gizi oleh tubuh.

“Bagi teman-teman yang menunaikan ibadah puasa, jangan lupa untuk memenuhi asupan gizi harian agar bisa tetap fit dan memiliki daya tahan tubuh yang kuat," ahli gizi dan Direktur MesaAcademy, Emilia Achmadi dalam keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com, ditulis Jumat (24/4/2020).

"Anda bisa meminum dua gelas susu setiap hari, yakni segelas susu saat sahur dan segelas susu setelah berbuka puasa. Susu mengandung kalsium, protein, dan berbagai vitamin yang baik untuk tubuh kita."

Ada anggapan minum susu saat sahur justru lebih mempercepat pembuangan cairan sehingga lekas haus. Namun, minum susu saat sahur dapat menjadi pelengkap asupan protein. Apalagi saat sahur, seseorang mungkin enggan makan terlalu banyak.

Susu bisa menjadi pelengkap saat sahur. Anjuran susu setelah berbuka puasa juga untuk meningkatkan cairan tubuh. Susu mengembalikan cairan tubuh yang hilang selama puasa.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Camilan Sehat dan Aktivitas Menyenangkan

Selain susu, Emilia menganjurkan, seseorang yang puasa konsumsi camilan sehat. Camilan sehat yang kaya nutrisi juga membuat tubuh fit.

"Cobalah untuk memilih camilan yang lebih sehat, seperti buah-buahan, yogurt, dan keju saat berbuka puasa dan sebelum tidur. Ganti camilan yang mengandung kadar gula atau lemak yang berlebih, dengan camilan yang lebih bernutrisi dan bermanfaat untuk kesehatan,” sarannya.

Puasa Ramadan tahun ini dengan #DiRumahAja juga bisa tetap membuat Anda semangat. Lakukan aktivitas yang menyenangkan.

"Misalnya, mendengarkan musik, istirahat dengan cukup, dan mencoba hal-hal baru (yang Anda sukai)," tambah Emilia.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini