Sukses

Saksikan Live Streaming Bincang Editor: Vaksin Datang, Corona Ketendang?

Liputan6.com, Jakarta - Mendekati penghujung 2020, perbincangan seputar vaksin COVID-19 semakin menghangat. Hal itu tak lepas dari target Pemerintah untuk sesegera mungkin mengatasi pandemi yang disebabkan virus SARS-CoV-2 atau Virus Corona baru.

Vaksin diyakini sebagai salah satu solusi dalam menuntaskan pandemi Corona. Berbagai upaya dilakukan pemerintah dalam menyediakan vaksin guna mencegah penyebaran COVID-19 yang lebih luas.

Mulai dari mendorong para peneliti Tanah Air melakukan riset dan membuat vaksin menggunakan virus Corona yang ditemukan di Indonesia, hingga bekerja sama dengan negara lain yang juga berupaya memproduksi vaksin COVID-19 seperti Tiongkok, Arab Saudi, dan Inggris.

Hanya saja, hingga saat ini, belum ada negara di dunia yang telah memproduksi vaksin COVID-19 secara massal. Semua negara tengah berupaya menguji vaksin secara klinis agar dapat diproduksi massal.

Salah satu kerja sama uji klinis yang dilakukan Indonesia untuk upaya penyediaan vaksin COVID-19 yakni dengan produsen asal Tiongkok Sinovac. Indonesia diwakili oleh perusahaan vaksin milik negara Bio Farma. Uji klinis dilakukan di Indonesia dengan para relawan dalam negeri. Uji klinis dan produksi vaksin diupayakan rampung secepatnya.

Meski demikian, pemerintah berharap uji klinis vaksin COVID-19 bisa cepat rampung dan segera diproduksi massal. Bahkan Pemerintah merencanakan untuk melakukan vaksinasi pada November dan Desember mendatang dengan produk vaksin COVID-19 yang dibeli dari Tiongkok.

Beberapa pihak menilai, langkah tersebut terlalu terburu-buru dan vaksin bukanlah satu-satunya solusi mengatasi pandemi. Apalagi, beberapa pakar berpendapat, vaksin COVID-19 dari Tiongkok belum benar-benar teruji efektivitas dan keamanannya.

Hari ini, Liputan6.com akan membahas lebih dalam seputar vaksin COVID-19 melalui program Live Streaming Bincang Editor dengan narasumber Epidemiolog Pandu Riono, editor senior Health Liputan6.com, Wapemred Merdeka.com, Pemred Brilio.com, dan Fimela.com.

Sahabat Liputan6.com bisa menyaksikan langsung Live Streaming Bincang Editor dengan tema "Vaksin Datang, Corona Ketendang?" di link berikut ini.