Sukses

Manfaat Minum Air Hangat, Mulai dari Turunkan Berat Badan Sampai Cegah Penuaan Dini

Minum air hangat dengan teratur, dapat memperbaiki sel kulit, dan meningkatkan elastisitas kulit yang dipengaruhi oleh radikal bebas yang berbahaya.

Liputan6.com, Jakarta Tubuh manusia memiliki kandungan air sekitar 60-70 persen yang berfungsi untuk menjalankan organ-organ dalam tubuh, agar bekerja lebih baik. Ya, idealnya kita mengonsumsi air putih (panas, dingin, atau hangat) sebanyak delapan gelas atau sekitar tiga liter setiap hari. 

Nah, minum air putih dingin atau panas sebenarnya manfaatnya sama, yaitu menjaga tubuh terhidrasi. Namun sudah tahukah kamu kalau ternyata mengonsumsi air hangat ternyata punya segudang manfaat untuk tubuh? 

Berdasarkan data dari Perpustakaan Wiley Online Library diketahui bahwa hasil riset yang dikumpulkan para peneliti ternyata suhu air panas yang direkomendasikan dan aman dikonsumsi adalah 130-160°F atau sekitar 54-71°C. Dari batas suhu tersebut, berikut manfaat mengonsumsi air hangat seperti dikutip laman Lifehacks

1. Kram

Air hangat ternyata dapat membantu mengurangi kram saat menstruasi. Itu karena suhu pada air tersebut memberikan efek menenangkan otot perut yang pada akhirnya, membantu menyembuhkan kram dan kejang. 

2. Detoksifikasi

Air hangat juga membantu tubuh saat melakukan detoksifikasi. Oleh karena itu, ketika kamu minum air hangat, suhu tubuh mulai naik dan menimbulkan keringat. Nah, jika kamu ingin membantu melepaskan racun dalam tubuh, cobalah untuk mulai 'membersihkannya' dengan benar. Untuk hasil optimal, kamu bisa menambahkan perasan lemon sebelum dan setelah diminum. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Memperlancar BAB

Ketika tubuh mengalami dehidrasi, salah satu masalah yang kamu alami adalah sembelit akibat kotoran yang menumpuk di usus karena pergerakannya yang melambat. Maka, disarankan untuk mengonsumsi segelas air hangat setiap pagi saat perut kosong. Tujuannya, untuk menguraikan sisa makan dan membuat pergerakannya tak terlalu menyakitkan melalui usus. Dengan begitu, risiko sembelit menurun. 

4. Kesehatan dan Vitalitas Rambut

Kamu punya rambut berkilau, sehat, dan lebat? Bisa jadi itu dikarenakan kamu mengonsumi air hangat. Ya, air hangat dapat memberi energi hingga ke ujung saraf di akar rambut dan membuatnya aktif. Hal inilah yang mengembalikan vitalitas alami rambut. Selain itu, air hangat juga meningkatkan aktivitas (pertumbuhan) dengan lebih cepat. 

5. Pencernaan Lebih Baik

Penelitian menunjukkan bahwa minum air dingin selama atau setelah makanan, dapat mengeraskan minyak yang ada dalam makanan yang dikonsumsi, sehingga menimbulkan timbunan lemak di usus. Oleh karena itu, minum air hangat nyatanya lebih bermanfaat untuk membantu menjaga sistem pencernaan tetap di jalurnya, serta membantu memecah makanan lebih cepat sehingga lebih mudah dicerna di lambung.  

3 dari 3 halaman

6. Cegah Penuaan Dini

Alasan mengapa kamu harus 'membersihkan' tubuh dari racun karena dapat menyebabkan penuaan lebih cepat. Namun jika minum air hangat dengan teratur, dapat memperbaiki sel kulit, dan meningkatkan elastisitas kulit yang dipengaruhi oleh radikal bebas yang berbahaya. 

7. Solusi Sederhana untuk Hidung dan Tenggorokan

Selama beraktivitas di rumah, potensi kamu mengalami kelelahan sangat mungkin terjadi. Bahkan di tengah cuaca yang tak menentu, membuat imun menurun. Alhasil kamu lebih mudah mengalami pilek, batuk, dan sakit tenggorokan. 

Oh ya, di tengah masa pandemi seperti sekarang ini, penting banget juga yang namanya menjaga imunitas tubuh. Ketika tubuh mulai menunjukkan gejala seperti demam, pusing, tenggorokan kering, mual, meriang, dan lemas, serta merasa kedinginan, kemungkinan kamu mengalami masuk angin. 

Untuk mengatasi gejala tersebut, kamu bisa menyediakan air hangat dalam gelas dan mencampurkan dengan obat masuk angin herbal cair yang aman dikonsumsi. Jangan lupa perhatikan petunjuk penggunaan ya! 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini