Sukses

Kunci 3M Hadapi COVID-19, Doni Monardo: Iman, Aman, dan Imun

Kunci 3M menghadapi COVID-19, Doni Monardo menyebut, iman, aman, dan imun.

Liputan6.com, Jakarta Upaya menghadapi COVID-19, Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Doni Monardo menyebut 3M, yakni iman, aman, dan imun. Ketiga kunci yang saling mendukung satu sama lain sebagai strategi mitigasi antisipasi penularan COVID-19.

"Yang pertama iman. Keimanan menjalankan ibadah sesuai agama masing-masing. Jadi, kita harus memiliki keimanan dan punya komitmen menjalankan ibadah," ujar Doni dalam dialog Sosialisasi Perubahan Perilaku, ditulis Senin (5/10/2020).

"Kita semua tahu ya mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam. Rasulullah pernah menyampaikan, pesan tentang orangtua bagaimana kita patuh pada ibu, ibu, dan ibu. Dan surga terletak di bawah telapak kaki ibu."

Lebih lanjut, Doni mengatakan, pesan ibu kepada anaknya, kita harus patuh. Hal ini juga berkaitan dengan kampanye protokol kesehatan COVID-19 Ingat Pesan Ibu.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Aman dan Imun

Kedua, aman. Dalam hal ini, aman memakai masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan serta mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, termasuk menggunakan hand sanitizer.

"Perlu dipatuhi. Upaya preventif ini juga akan sangat efektif," lanjut Doni.

Ketiga, imun. Selama pandemi COVID-19, masyarakat harus menjaga dan meningkatkan imunitas. Istirahat yang cukup dan konsumsi makanan bergizi.

"Tidak boleh panik, selalu gembira, dan konsumsi makanan yang bergizi," tambah Doni yang juga Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

Ia bercerita pengalaman melakukan karantina bagi Warga Negara Indonesia (WNI) dari Wuhan, Tiongkok dan kapal pesiar World Dream. Bahwa WNI diberikan program makanan bergizi agar meningkatkan imunitas tubuh mereka.

kita yang kembali dari Wuhan, Tiongkok pada akhir Januari lalu dan awal Februari serta warga negara kita yang bekerja di kapal pesiar World Dream. Mereka diberikan makanan yang bergizi," cerita Doni.

"Selain itu, menyiapkan fasilitas olahraga supaya tubuh tetap fit. Intinya, mereka akhirnya bergembira bisa berkomunikasi dengan keluarga. Dan upaya ini sangat efektif.

 

3 dari 4 halaman

Manfaatkan Hasil Laut dengan Maksimal

Kebiasaan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir juga harus dipatuhi. Olahraga juga bisa dilakukan selama pandemi COVID-19, yang mana bisa berolahraga di rumah.

"Olahraga juga yang cukup. Jangan sampai di abaikan. Ya, olahraganya sesuai dengan kemampuan masing-masing, tidak boleh terlalu berat. Jangan sampai tidak ada aktivitas untuk olahraga,"

"Konsumsi makanan bergizi juga. Kita ini negara kepulauan yang kaya sekali dengan ikan-ikan. Kita bisa memanfaatkan hasil laut secara maksimal."

Pemanfaatan hasil laut menjadi upaya dari peningkatan imunitas.

"Insha Allah hasil laut bisa juga menjadi bagian dari upaya meningkatkan imunitas tubuh," imbuh Doni.

4 dari 4 halaman

Infografis Jangan Anggap Remeh Cara Pakai Masker

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.