Sukses

Seberapa Sehat Memasak dengan Peralatan Silikon?

Silikon adalah peralatan masak modern yang membuat memasak dan memanggang menjadi jauh lebih mudah dengan tekstur dan cetakannya yang unik dan fleksibel sehingga cantik ditempatkan di dapur. Namun seberapa sehatkan peralatan masak ini?

Liputan6.com, Jakarta Salah satu peralatan masak yang sangat nyaman dalam memasak dan memanggang adalah peralatan masak dari silikon. Mulai dari warna yang memikat hingga cetakan fleksibel, loyang kue, cangkir muffin hingga cetakan es. Peralatan masak unik ini telah meluas ke hampir setiap dapur di seluruh dunia.

Tidak dapat disangkal fakta bahwa silikon adalah peralatan masak modern yang membuat memasak dan memanggang menjadi jauh lebih mudah dengan tekstur dan cetakannya yang unik dan fleksibel sehingga cantik ditempatkan di dapur. Namun, atas dasar kesehatan, muncul pertanyaan, apakah aman menggunakan alat-alat berbahan silikon ini untuk memasak? Berikut ini uraiannya, dilansir dari TimesofIndia.

Apa itu peralatan masak silikon?

Silikon pada dasarnya adalah karet sintetis, yang dibuat dengan menggabungkan silikon, oksigen, dan karbon, yang diikat dalam rasio yang ditentukan. Namun, unsur-unsur seperti oksigen, silikon, dan karbon ini terjadi secara alami dan biasanya aman digunakan.

Peralatan masak silikon tahan panas, aman untuk freezer, dan aman untuk oven, tapi hanya sampai 428 derajat Fahrenheit atau 220 Celcius. Selain itu, karena komposisi ikatannya, silikon tidak beracun, tidak dapat terurai secara hayati, dan tidak dapat didaur ulang.

Menurut Swati Bathwal, Ahli Gizi, "peralatan masak silikon telah memasuki pasar yang lebih luas, terutama untuk memanggang. Peralatan masak silikon pada dasarnya adalah karet yang terbuat dari silikon dan oksigen, yang aman dalam memasak. Ini adalah pilihan yang lebih baik untuk memasak dan memanggang dibandingkan dengan aluminium, baja tahan karat, wajan anti lengket."

"Namun, saya lebih memilih besi daripada peralatan masak lainnya. Tapi, dalam hal memanggang, silikon sangat cocok sebagai pengganti kertas roti, terutama untuk masakan rendah lemak karena bebas racun dan mudah dibersihkan. Namun, saya menyarankan untuk menggunakan peralatan masak silikon berkualitas tinggi untuk memastikan bahwa bahan kimia tidak larut ke dalam makanan.”

 

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bisakah peralatan masak silikon memengaruhi makanan?

Silikon dioksida adalah elemen dasar yang digunakan dalam pembuatan peralatan masak berbahan silikon dan merupakan salah satu peralatan masak yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Pada 1979, U.S. Food and Drug Administration (FDA) mengakui keamanan silikon dioksida untuk digunakan memasak. Salah satu alat masak silikon (spatula) pertama dijual pada 1980-an.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa alat masak berbahan silikon tidak menyebabkan pelepasan atau migrasi senyawa silikon sampai suhu pemanasan yang diizinkan dilanggar. Dalam beberapa kasus peralatan masak silikon berkualitas rendah diuji melebihi jumlah pemanasan yang diizinkan dan terdapat migrasi senyawa tetapi pada tingkat yang sangat rendah. Jadi, secara umum, peralatan masak berbahan silikon dianggap aman untuk memasak atau memanggang sehari-hari.

Tip dan trik untuk memastikan penggunaan peralatan masak silikon yang aman

Singkatnya, dapat disimpulkan bahwa peralatan masak berbahan silikon biasanya aman untuk memasak atau memanggang sehari-hari. Tapi, pastikan Anda melakukan tips berikut ini agar makanan Anda tetap aman.

- Pastikan Anda selalu memilih peralatan masak silikon berkualitas tinggi.

- Periksa detail tentang lapisan alat yang digunakan untuk membuat peralatan masak. Pastikan peralatan masak Anda tidak tergores. Karena goresan dapat menyebabkan keluarnya bahan kimia terutama saat memanaskan atau memasak.

- Pastikan Anda tidak mencucinya di mesin pencuci piring atau dengan scrubber logam, ini dapat menyebabkan migrasi senyawa pada pemanasan yang berlebihan.

3 dari 3 halaman

Infografis Yuk, Pahami Makna Rapid Test Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.