Sukses

Tekan Kematian COVID-19 Kabupaten Lamongan, Kemenkes Siap Terjunkan Tim

Tim tersebut akan melakukan pendampingan untuk membantu mengendalikan penyebaran COVID-19 di Kabupaten Lamongan.

Liputan6.com, Lamongan Kementerian Kesehatan RI siap menerjunkan tim untuk menekan angka kematian COVID-19 di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Tim tersebut akan melakukan pendampingan untuk membantu mengendalikan penyebaran COVID-19 di sana.

Tim Taskforce Kemenkes yang dipimpin Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi Kesehatan Kementerian Kesehatan RI H. M Subuh mendapat laporan, Kabupaten Lamongan termasuk daerah yang berada pada zona oranye.

Berdasarkan data aplikasi Bersatu Lawan COVID-19 (BLC), hingga 1 September 2020, Kabupaten Lamongan memiliki kasus terkonfirmasi positif 657 orang. Angka kesembuhan berjumlah 538 orang dan 60 orang meninggal.

"Angka kematian pelan-pelan bisa kita perbaiki. Kami juga akan menurunkan tim untuk mendampingi teman-teman di lapangan," ujar Subuh saat berdiskusi bersama Bupati Lamongan H. Fadeli di Pendopo Loka Tantra kabupaten Lamongan, Jawa Timur, Kamis (1/10/2020).

"Ini karena kami ditugaskan oleh Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto untuk mendengarkan apa saja (kebutuhan) yang diperlukan, mencatat, kemudian melaksanakan (ikut mengendalikan COVID-19)."

 

 

**Ingat #PesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Memburu Pelanggar Protokol Kesehatan

Fadeli menyampaikan, Kabupaten lamongan terus bekerja keras untuk menekan angka penularan COVID-19.

"Meski Kabupaten Lamongan dalam jumlah akumulatif kematian mencapai 9,44 persen, kami terus mengevaluasi dan bekerjasama dengan Kepolisian dan TNI dalam membuat satgas pemburu COVID-19," ungkapnya sebagaimana keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com.

"Satgas ini juga memburu pelanggar-pelanggar protokol kesehatan."

3 dari 4 halaman

Apresiasi Kabupaten Lamongan

Subuh menambahkan Kemenkes akan berkolaborasi sehingga angka kematian COVID-19 bisa ditekan dan diperbaiki. Atas upaya memburu pelanggar protokol kesehatan, ia mengapresiasi upaya yang dilakukan Kabupaten Lamongan.

"Saya apresiasi Pak Bupati yang sangat aktif turun ke lapangan. Saya berharap kegiatan yang sudah dilakukan oleh pemerintah daerah bersama polisi dan TNI tersebut terus konsisten dilakukan, sehingga masyarakat terbiasa dalam menerapkan protokol kesehatan," ujar Subuh.

Dalam kunjungan, Tim Taskforce Kemenkes memberikan bantuan kepada kabupaten/kota Lamongan berupa:

• Coolbox sejumlah 2 buah

• Ice gell sejumlah 2 pack

•Bulletin master PIE sejumlah 17 buah

• Termemoter stainless sejumlah 2 buah

• Handscoen sejumlah 5 buah

4 dari 4 halaman

Infografis Kantor dan Area Komunitas Rawan Penularan Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.