Sukses

Satgas: 6 Persen Pasien COVID-19 di Wisma Atlet Berasal dari Klaster Keluarga

Doni Monardo mengungkapkan, 6 persen kasus COVID-19 di RSD Wisma Atlet berasal dari klaster keluarga

Liputan6.com, Jakarta Satuan Tugas Penanganan COVID-19 kembali mengajak masyarakat untuk melakukan perubahan perilaku demi mencegah tertular COVID-19.

Pesan ini disampaikan Doni Monardo, Ketua Satgas COVID-19 usai mengikuti rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo, Senin (28/9/2020).

Dalam konferensi persnya, Doni mengatakan bahwa berdasarkan data yang dihimpun dari RS Darurat COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, sebanyak 6 persen dari pasien yang dirawat di sana berasal dari klaster keluarga.

"Padahal mereka tidak beraktivitas kemana-mana di luar rumah. Artinya yang menulari adalah anggota di keluarga itu," kata Doni seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Health Liputan6.com.

"Sehingga kita harus memahami, COVID-19 ini media penularannya adalah manusia," tambah Doni yang juga Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana ini.

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lakukan Sosialisasi Masif

Doni mengatakan, Satgas yang ia pimpin telah melakukan sosialisasi masif untuk mengajak masyarakat perubahan perilaku. Salah satunya penerapan protokol kesehatan ketat di sektor transportasi publik seperti angkutan umum, truk, bus, taksi dan kendaraan lainnya.

Doni juga mengungkapkan, Mabes Polri telah bekerja sama dengan organisasi angkutan dan mengambil langkah berupa pemasangan protokol kesehatan di transportasi umum.

Selain itu, Satgas juga menggandeng Persatuan Wartawan Indonesia untuk melibatkan 5.800 wartawan yang tersebar di seluruh provinsi.

"Tugasnya melakukan program perubahan perilaku. Dan juga menangkal berita-berita yang tidak benar. Karena banyak informasi yang beredar di masyarakat itu tidak valid," ujarnya.

Satgas juga menyatakan bahwa di provinsi DKI Jakarta, pemerintah provinsi bersama TNI dan Polri menggandeng organisasi perempuan seperti PKK dan tokoh masyarakat di 5 kelurahan di DKI Jakarta dengan di masing-masing kelurahan, terdapat 100 orang yang dibantu Babinkamtibmas dan Babinsa.

Doni berharap, strategi ini mampu mengajak masyarakat agar lebih patuh terhadap protokol kesehatan secara disiplin.

3 dari 3 halaman

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.