Sukses

Tower 4 Wisma Atlet Mulai Dibuka, Ada Fasilitas Penanganan Gizi sampai Konsultasi

Liputan6.com, Jakarta Ada sejumlah fasilitas di flat isolasi mandiri Tower 4 Wisma Atlet Kemayoran Jakarta yang mulai dibuka hari ini, 21 September 2020. Fasilitas tersebut mendukung kenyamanan pasien dan diharapkan dapat mempercepat penyembuhan.

"Sebenarnya flat di Tower 4 sama seperti Tower 5 Wisma Atlet, yang juga sebagai tempat isolasi mandiri. Kami siapkan pasien setiap harinya penanganan dari sisi kesehatan," terang Koordinator Rumah Sakit Darurat COVID-19 Tugas Ratmono saat dialog di Media Center COVID-19, Graha BNPB, Jakarta, Senin (21/9/2020).

"Seperti pemberian vitamin, diberikan asupan makanan bergizi yang cukup dan sudah ada analisa gizi yang cukup. Kemarin, kami juga cek di bagian analisa gizi."

Selain itu, ada tim psikososial dari psikolog. Pasien yang menjalani isolasi mandiri bisa berkonsultasi dengan psikolog maupun dokter.

"Kami di Wisma Atlet ada yang namanya weekend psychology consultant. Jadi, semacam layanan daring dengan virtual gitu. Mereka (pasien) langsung diberikan akses kepada host di Tower 2--bagian manajemen," lanjut Tugas.

"Pasien diberikan akses melalui ponsel dan perangkat elektronik lain supaya langsung konsultasi dengan psikolog juga dokter-dokter. Dalam hal ini, dokter penanggungjawab spesialis paru, penyakit dalam, dan lainnya."

2 dari 5 halaman

Tempat Rekreasi

Fasilitas lain yang sudah disiapkan adalah tempat-tempat rekreasi. Misal, jogging track dan panggung untuk tempat berkumpul.

"Kalau pagi, kita sudah melihat mereka ada yang lari, jalan kaki, dan seterusnya. Ini suatu fasilitas yang tentunya diprogramkan tiap hari, sehingga mereka betul-betul bisa mempertahankan dan meningkatkan imunitas," tambah Tugas.

"Jadi, mereka tidak stres dan panik. Kesehatannya juga bisa teramati dengan baik, sehingga fasilitas yang ada dapat meningkatkan imunitas. Diharapkan mempercepat penyembuhan."

3 dari 5 halaman

Tempat Tidur

Tugas menambahkan, kapasitas tempat tidur di flat isolasi mandiri, baik Tower 4 dan 5 masing-masing kamar berisi dua sampai tiga tempat tidur.

"Contohnya, di Tower 5 yang punya 32 lantai. Setiap kamar/ruangan dipisah antara wanita dan pria. Satu kamar bisa berisi dua orang. Ada juga kamar buat keluarga yang berisi tiga bed," tambahnya.

"Jadi, bisa satu kamar diisi untuk dua sampai tiga orang. Sebenarnya flat isolasi mandiri diatur untuk dua bed dan tiga bed."

Ketersediaan tempat tidur di Tower 4 sebanyak 1.546 tempat tidur. Sejak pagi tadi, penerimaan pasien isolasi mandiri yang termasuk Orang Tanpa Gejala (OTG) di Tower 4 sudah dilakukan.

4 dari 5 halaman

Infografis Lonjakan Pasien Covid-19 di RSD Wisma Atlet

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Menarik Berikut Ini: