Sukses

Cegah Happy Hypoxia, Pasien COVID-19 Isolasi Mandiri Harus Segera ke RS Saat Muncul Gejala

PDPI mengimbau agar pasien COVID-19 yang diisolasi mandiri harus segera dibawa ke RS demi mencegah kejadian happy hypoxia

Liputan6.com, Jakarta Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) menyarankan agar pasien yang dinyatakan positif COVID-19 yang diisolasi mandiri untuk segera dibawa ke rumah sakit apabila mulai mengalami gejala.

Dalam sebuah konferensi pers virtual beberapa waktu lalu, PDPI menyatakan bahwa hal ini demi mencegah masalah kesehatan lain seperti happy hypoxia.

"Kalau ada pasien COVID-19 yang isolasi mandiri dengan gejala, semakin lemah misalnya tetapi tidak sesak, barangkali bisa dilihat bibir atau jari-jarinya kebiruan, segera dibawa ke rumah sakit," kata Ketua Pokja Infeksi Pengurus Pusat PDPI Erlina Burhan, ditulis Kamis (10/9/2020).

Erlina mengatakan, pasien nantinya akan mendapatkan pertolongan berupa terapi oksigen. "Jangan menunggu sesak, karena pada happy hypoxia, sesak ini tidak nyata, tidak jelas," katanya menambahkan.

"Silent hypoxemia" atau lebih populer disebut happy hypoxia merupakan kasus berkurangnya kadar oksigen dalam tubuh namun tanpa menunjukkan pertanda sesak napas.

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bentuk Keterlibatan Paru-Paru

Sementara itu, Profesor Menaldi Rasmin, Guru Besar Pulmonologi dan Ilmu Kedokteran Respirasi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia mengatakan bahwa happy hypoxia merupakan pertanda keterlibatan paru dalam kasus COVID-19.

"Jadi kalau COVID-nya masih di daerah saluran napas atas sekali, di atas sekali seperti hidung atau tenggorokan, tidak mudah terjadi happy hypoxia, tetapi kalau sudah melibatkan paru, ada kemungkinan dia terlibat," kata Menaldi dalam konferensi pers yang sama.

"Jadi bagi orang-orang yang OTG (orang tanpa gejala) tapi batuknya menetap, maka mulailah berpikir dan bergerak ke rumah sakit untuk menanyakan apakah paru-paru saya terlibat," ujarnya.

Menaldi mengatakan, keterlibatan paru dalam kasus COVID-19 bisa dilihat dari batuk yang menetap. Sehingga, ia mengimbau agar agar pasien yang mengalami gejala tersebut untuk segera berobat dan mencegah happy hypoxia menjadi fatal.

3 dari 3 halaman

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.