Sukses

248 Relawan Uji Klinis Sudah Disuntik Vaksin COVID-19 Sinovac

Sebanyak 248 orang yang menjadi relawan uji klinis vaksin COVID-19 Sinovac fase tiga telah menjalani penyuntikan.

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 248 orang yang menjadi relawan uji klinis vaksin COVID-19 Sinovac fase tiga telah menjalani penyuntikan. Hal tersebut disampaikan oleh Tim Riset Uji Klinis Vaksin COVID-19 dari Universitas Padjadjaran.

Manajer tim Riset Uji Klinis Vaksin COVID-19 dr Eddy Fadliyana mengatakan, 21 orang diantara 248 relawan telah menajalani penyuntikan vaksin kedua.

"Sebanyak 21 orang sudah disuntik dua kali dan tidak ada gejala yang gawat," kata Eddy di Bandung, Minggu (30/8/2020), melansir Antara.

Dengan proses uji vaksin yang tengah berjalan ini, Eddy berharap penelitian bisa sesuai dengan harapan karena vaksin baru bisa diproduksi setelah uji klinis telah ditempuh dengan hasil baik.

Sejauh ini, menurut Eddy tidak ada relawan yang mengalami gejala atau reaksi serius setelah disuntik vaksin COVID-19, baik penyuntikan pertama maupun kedua.

 

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gubernur Jabar Jadi Relawan Uji Vaksin COVID-19

Sejumlah pejabat daerah seperti Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil serta beberapa pejabat lainnya ikut menjadi relawan uji klinis fase tiga vaksin COVID-19 Sinovac.

Ridwan Kamil yang menjalani penyuntikan pertama beberapa hari lalau mengaku agak mengalami pegal-pegal di tubuh setelah diinjeksi.

"Jadi setelah disuntik itu, testimoni pribadi saya ini agak pegal-pegal, ada rasa nyut-nyutan selama lima menit," ujar pria yang akrab disapa Emil itu.

Ridwan Kamil menjadi salah seorang relawan di antara 1.620 relawan lain yang bakal menjalani penyutikan vaksin. Ribuan relawan itu diperlukan untuk menjadi subjek uji klinis vaksin COVID-19 Sinovac yang rencananya bakal diproduksi massal pada 2021.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.