Sukses

Cek, 5 Poin Penting dari Kemajuan Penelitian COVID-19

Berapa proporsi pembawa virus yang tidak pernah menunjukkan gejala (asimtomatik) masih menjadi bahan perdebatan, tetapi jelas bahwa orang dapat menularkan virus meskipun mereka tidak sakit,

Liputan6.com, Jakarta Semakin bertambahnya informasi terkait COVID-19 dari penelitian-penelitian para ahli, apakah membuat kita semakin dekat dengan vaksinnya? Berdasarkan editorial Nature yang berjudul "Progress report on the coronavirus pandemic” yang dirilis tiga hari lalu (19 Agustus 2020) maka terdapat lima area kunci dari berbagai penelitian yang mengungkap Covid-19 atau SARS-CoV-2.

Adapun lima poin penting tersebut adalah sebagai berikut, sebagaimana dilansir dari Nature.

1. Memecah kode virus

Saat wabah penyakit pertama muncul di Wuhan, China, pada akhir 2019, banyak kasus pertama yang diidentifikasi terkait dengan satu pasar hewan hidup di kota tersebut.

Pada 11 Januari, Yong-Zhen Zhang dari Universitas Fudan di Shanghai dan rekan-rekannya menyimpan urutan/rangkaian genom virus yang diisolasi dari seorang pria berusia 41 tahun yang telah bekerja di pasar hewan ke dalam database publik. Dengan itu mereka memberitahu dunia akan keberadaan virus korona baru yang kemudian disebut Covid-19.

Meskipun membutuhkan waktu berbulan-bulan, namun kini para ilmuwan telah menghasilkan lebih dari 80.000 rangkaian virus. Kekayaan informasi genetik ini telah memungkinkan rantai penularan untuk dilacak, sehingga mengungkapkan dan menunjukkan bahwa varian yang tampaknya sangat menular ke sel yang dikultur kini telah menjadi dominan di seluruh dunia. Namun arti infektivitas yang berubah ini untuk penularan dan penyakit masih belum jelas.

2. Bukan hanya virus pernapasan

Pada 11 Februari 2020 ditetapkan nama penyakit tersebut adalah Covid-19, yang awalnya menggambarkan penyakit pernapasan parah mirip SARS-CoV-1. Tetapi dengan cepat diklarifikasi bahwa SARS-CoV-2 bukan hanya virus pernapasan.

Virus ini juga mempengaruhi pembuluh darah, menyebabkan trombosis dan stroke. Dalam kasus langka, anak-anak dapat mengembangkan sindrom inflamasi multisistem, yang mirip dengan penyakit Kawasaki.

Hasil otopsi pasien dengan Covid-19 ditemukan virus di organ selain paru-paru, termasuk ginjal, hati, jantung dan otak, serta di dalam darah.

Kini kita tahu bahwa gejala COVID-19 dapat mencakup komplikasi gastrointestinal, neurologis, ginjal, kardiovaskular, dan lainnya.

 

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Cara infeksi

Virus Corona didekorasi dengan protein 'spike'. Ini berinteraksi dengan protein spesifik pada permukaan sel yang mereka infeksi. Setelah mengikat reseptor sel, lonjakan harus dibelah oleh enzim yang disebut protease di sel inang. Ini mengaktifkan spike, yang menggabungkan virus dan membran sel.

Para ilmuwan segera menunjukkan bahwa SARS-CoV-1 dan virus corona baru menggunakan reseptor sel yang sama, ACE2, dan protease yang sama, TMPRSS2 (Transmembrane Serine Protease 2 yaitu suatu protein kode genetik), untuk memasuki sel. Tetapi SARS-CoV-2 juga dapat menginfeksi garis sel yang tidak mengekspresikan TMPRSS2, yang dapat menghambat perkembangan obat.

Terlepas dari kesamaan struktural secara keseluruhan antara lonjakan protein dari dua virus korona SARS, para ilmuwan menemukan bahwa lonjakan SARS-CoV-2 mengikat reseptor ACE2 setidaknya sepuluh kali lebih erat daripada SARS-CoV-1.

Lonjakan SARS-CoV-2 juga memiliki fitur yang tidak dimiliki SARS-CoV-1: urutan asam amino yang memungkinkannya untuk dikenali dan dibelah oleh enzim yang disebut furin. Kontribusi urutan ini pada virulensi SARS-CoV-2 belum diketahui. Tetapi urutan serupa juga ditemukan pada protein pengikat reseptor dari beberapa virus influenza, dan berkontribusi pada virulensinya.

4. Udara

Penularan SARS-CoV-2 bisa dari satu orang ke orang lain, baik secara kontak langsung atau tidak langsung, seperti droplet saat batuk atau bahkan sekedar bernapas. Ukuran jelas tetesannya yang bisa menginfeksi masih menjadi perdebatan.

Itu karena jika tetesan yang lebih besar akan dengan cepat jatuh ke tanah, tetapi tetesan yang lebih kecil dan lebih ringan (dikenal sebagai aerosol) dapat tetap melayang di udara. Virus dengan menumpangi aerosol ini dikhawatirkan dapat meningkatkan risiko infeksi di dalam ruangan yang berventilasi buruk.

Potensi virus korona baru untuk bepergian dengan cara ini menjadi fokus penelitian, yang diterbitkan pada bulan April, tentang aerodinamika SARS-CoV-2 di dua rumah sakit di Wuhan. Para peneliti menemukan bahwa beberapa area rumah sakit, khususnya beberapa area staf, memiliki konsentrasi viral load yang relatif tinggi dalam tetesan berukuran aerosol.

Tim yang berbasis di AS melaporkan pada bulan April bahwa SARS-CoV-2 dan SARS-CoV-1 stabil dan menular pada aerosol buatan selama tiga jam.

Hingga kini belum ada kepastian bahwa COVID-19 menyebar juga dengan cara ini, sebagian karena sulit untuk mengukur secara terpisah berbagai cara penularan virus.

5. Penyakit tak terlihat

Berapa proporsi pembawa virus yang tidak pernah menunjukkan gejala (asimtomatik) masih menjadi bahan perdebatan, tetapi jelas bahwa orang dapat menularkan virus meskipun mereka tidak sakit, yang mungkin berkontribusi pada penyebarannya.

Itulah serangkaian perjalanan panjang untuk memahami bagaimana pandemi COVID-19 muncul dan penyebarannya ke seluruh dunia, dengan mempelajari karakteristik dan penularan virus, dan bagaimana hal itu menyebabkan penyakit. Kita akan segera melihat penelitian tentang cara mengendalikannya, serta kemajuan dalam perawatan dan vaksin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.