Sukses

2 Paskibraka 2020 Calon Pembawa Bendera di Istana Merdeka

Teka-teki Paskibraka 2020 calon Pembawa Baki atau Pembawa Bendera Merah Putih saat Upacara HUT ke-75 RI

Liputan6.com, Jakarta - Jumlah anggota Paskibraka yang dilibatkan pada upacara HUT ke-75 RI di Istana Merdeka, Senin, 17 Agustus 2020, tak sebanyak tahun-tahun kemarin.

Mengingat Indonesia sedang dilanda pandemi COVID-19, hanya delapan dari 68 anggota Paskibraka yang diturunkan kembali sebagai petugas upacara di hadapan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pasukan Pengibar Bendera Pusaka tingkat nasional tahun 2020 merupakan siswa dan siswi yang pernah dikukuhkan sebagai Paskibraka Nasional 2019.

Dari delapan Paskibraka 2020, hanya ada tiga orang anggota putri yang berkesempatan menjadi pembawa bendera. Namun, satu orang Paskibraka 2020 wakil Jawa Timur, Dhea Lukita Andriani, sudah bertugas sebagai Komandan Pengukuhan Paskibraka di Istana Negara pada Kamis, 13 Agustus 2020 pukul 13.00 WIB.

Menurut para alumni Paskibraka tingkat nasional, apabila sudah bertugas sebagai Komandan Pengukuhan Paskibraka, tidak akan ditugaskan sebagai Paskibraka Pembawa Baki. Lagipula, pada upacara HUT Kemerdekaan RI tahun ini, tidak ada prosesi pengambilan dan pengembalian Sang Merah Putih dari Presiden ke Paskibraka, begitu sebaliknya.

Sehingga, bisa jadi Paskibraka wakil Aceh, Indrian Puspita Rahmadani dan Paskibraka wakil Sumatera Utara, Sylvia Kartika Putri yang bakal bertugas sebagai Pembawa Bendera.

 

Simak Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Profil Paskibraka 2020 Indrian Puspita Rahmadani

Paskibraka Indrian Puspita Rahmadani yang akrab disapa Indri, tercatat sebagai siswi kelas 3 SMA Negeri 1 Bireun. Anak pasangan Roni Nurjaman dan Ely Hafni sama sekali tak menyangka bisa terpilih lagi sebagai Paskibraka 2020.

"Pastinya Indri bersyukur kepada Allah SWT atas dipanggilnya kembali Indri untuk bertugas di Istana Mereka," kata Indri saat berbincang dengan Diary Paskibraka Liputan6.com melalui sambungan telepon, Senin, 3 Agustus 2020.

"Apalagi kondisi saat ini lagi kurang kondusif dengan adanya COVID-19," Indri melanjutkan.

Sebagai seorang Paskibraka, Indri mengatakan harus siap dengan segala kondisi yang bakal terjadi.

Saat kabar baik itu datang, Indri langsung memersiapkan dirinya dengan mengingat kembali semua pelajaran yang pernah dia terima saat pendidikan dan pelatihan (Diklat) Paskibraka di Cibubur pada Juli sampai Agustus 2019.

"Indri berharap, mulai saat terpilih sampai dengan kegiatan selesai nanti, semua berjalan lancar tanpa ada kendala, Aamiin," katanya.

 

3 dari 3 halaman

Profil Paskibraka 2020 Sylvia Kartika Putri

Gadis Pematang Siantar ini diberitahu bahwa dia kembali menjadi Paskibraka 2020 di penghujung Juli 2020.

Sylvia tak menyangka bisa bertugas lagi. Sebab, menurut dia, menjadi anggota Paskibraka adalah pengalaman sekali seumur hidup.

Pada 2019, Sylvia yang merupakan siswi SMA Kartika 1-4 Pematang Siantar adalah Pembawa Baki Cadangan dari Tim Merah yang bertugas pada upacara pengibaran bendera di Istana Merdeka.

Putri pasangan Serda TNI Tarsiman dan Tuty Chairi punya peluang yang besar untuk menjadi Paskibraka Pembawa Bendera.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.