Sukses

Kampanye Donor Darah, Sepeda Bertandatangan JK Sukses Dilelang Rp200 Juta

Sebagai bagian kampanye donor darah, sepeda bertandatangan Jusuf Kalla (JK), sukses dilelang Rp200 juta.

Liputan6.com, Jakarta Sebagai bagian kampanye donor darah, satu unit sepeda brompton premium bertanda tangan Ketua Umum Palang Merah Indonesia Jusuf Kalla (JK) sukses dilelang Rp200 juta, kemarin (11/8/2020). Sepeda itu juga ditandatangani Sandiaga Uno.

Sebagaimana keterangan tertulis yang diterima Health Liputan6.com, sepeda yang ditandatangani JK dan Sandiaga Uno milik Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta.

Salah seorang staf Ketua PMI DKI Jakarta, Eko Guruh mengakui, acara lelang sepeda merupakan bagian kampanye atau ajakan agar masyarakat tidak ragu berdonor darah di masa pandemi COVID-19.

"Terlebih lagi di masa pandemi COVID-19, saat persediaan darah berkurang. Sementara itu, kebutuhan darah tetap bahkan bertambah. Donor darah sangat diharapkan untuk membantu sesama," ujar Eko di Unit Donor Darah (UDD) PMI DKI Jakarta, Jakarta Pusat, ditulis Rabu (12/8/2020).

"Kita ketahui bersama ada kekhawatiran masyarakat untuk berdonor karena pandemi. Tapi kami pastikan, donor ini aman. Tidak perlu ragu, silakan datang atau kami datangi melalui komunitas (donor darah).

View this post on Instagram

Satu unit sepeda premium milik Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta dilelang pada kegiatan donor darah komunitas pesepada, Selasa (11/8/2020). Lelang yang dimulai usai kegiatan donor darah ini, diikuti oleh ratusan pehobi sepeda yang digelar di Unit Donor Darah (UDD) PMI DKI Jakarta, Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat. Bukan sembarang sepeda, sepeda Brompton pabrikan London Inggris ini telah dibubuhi tanda tangan Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla dan Sandiaga Uno. Ketua PMI DKI Jakarta Rustam Effendi mengatakan, keuntungan dari lelang ini akan didonasikan ke PMI. Harga penawaran awal sepeda ini sendiri berkisar Rp 45 juta. Hasil lelang sepedah tersebut tembus hingga 200 juta, yang dimenangkan oleh Nur Sandiaga Uno, dimana hasilnya akan didonasikan untuk giat kemanusiaan melalui @pmi_dkijakarta

A post shared by Indonesian Red Cross (@palangmerah_indonesia) on

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Donasi kepada PMI

Acara lelang sepeda dilakukan saat kegiatan donor darah komunitas pesepada kemarin. Lelang itu dimulai usai kegiatan donor darah yang diikuti ratusan pehobi sepeda.

Lelang senilai Rp200 juta berhasil dimenangkan Nur Sandiaga Uno, istri Sandiaga Uno.

Eko menambahkan, keuntungan dari lelang akan didonasikan kepada PMI. Harga penawaran awal sepeda sendiri berkisar Rp45 juta.

"Untuk menambah nilai jual, sepeda milik Ketua PMI DKI sudah dibubuhi tanda tangan para tokoh publik. Sepeda akan dilepas ke penawar tertinggi," ujarnya.

Sebanyak 300 pehobi sepeda mendonorkan darahnya pada kegiatan lelang sepeda. Pehobi sepeda ini berasal dari sejumlah komunitas sepeda, yang merupakan komunitas inisiasi Sandiaga Uno. Donor darah akan berlangsung Senin (10/8/2020) hingga 16 Agustus 2020.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.