Sukses

Jawa Barat, Provinsi yang Bisa Produksi Semua Alat Perang Melawan COVID-19

Liputan6.com, Jawa Barat - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, menyatakan, Jabar menjadi satu-satunya provinsi di Indonesia yang mampu memproduksi semua 'alat perang' melawan COVID-19.

Hal tersebut disampaikan Ridwan Kamil di Bandung dalam kegiatan kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Posko Penanganan COVID-19 di Provinsi Jawa Barat pada Selasa, 11 Agustus 2020.

"APD (Alat Pelindung Diri) sudah berlimpah, masker bedah sudah ekspor, ventilator sudah dibagikan ke rumah sakit-rumah sakit, kemudian rapid test versi UNPAD juga sudah kita rilis, kemudian PCR versi portabel," kata Ridwan Kamil.

Hal berikutnya yang menurut Ridwan Kamil siap untuk diproduksi di Jawa Barat adalah Vaksin COVID-19 yang kandidatnya akan mulai diuji klinis pada hari ini.

"Sekarang adalah vaksin yang memang sudah siap diproduksi oleh Bio Farma, kebetulan di Bandung," kata Mantan Wali Kota Bandung tersebut.

2 dari 3 halaman

Ridwan Kamil Libatkan Diri jadi Relawan Vaksin

Pada kesempatan tersebut, Ridwan Kamil mengatakan bahwa dirinya akan ikut terlibat dalam uji klinis vaksin COVID-19 sebagai salah satu relawan.

Menurutnya, hal ini ia lakukan juga untuk mengurangi keresahan akibat isu-isu dan hoaks yang beredar di masyarakat "sehingga menurunkan spekulasi-spekulasi dan provokasi yang tidak perlu."

Adapun, Jokowi hari ini akan meninjau secara langsung uji klinis tahap ketiga dari kandidat vaksin COVID-19 di laboratorium Bio Farma, Bandung.

"Biasanya vaksin itu tiga kali, dua kali dites di negara produsennya, satu kali terakhir di negara yang akan membeli atau membutuhkan vaksin," kata Ridwan Kamil pada kesempatan tersebut.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini